- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Wonosobo ) – Anggota Koramil 07/Kalikajar Kodim 0707/Wonosobo Serka Iswandi membantu penanganan bencana tanah longsor di Dusun Klowoh Desa Kwadungan, Kecamatan Kalikajar, Kabupaten Wonosobo, Senin (27/12/2022).

Tanah longsor disebabkan hujan dengan intensitas tinggi hingga mengakibatkan tebing tinggi 15 Meter lebar 10 meter longsor menimpa belakang rumah Ranto, sehingga mengakibatkan atap rusak dan tembok belakang jebol. Hal ini bisa terjadi disebabkan antara jarak rumah dan tebing terlalu mepet. Kerugian ditaksir sekitar 15 juta.

Dengan adanya bencana tanah longsor tersebut Danramil Kapten Inf Robert memerintahkan Babinsanya untuk datang dan membantu membersihkan material longsor agar nantinya rumah cepat bisa ditempati kembali. Tidak lupa saat kegiatan tersebut harus memperhatikan faktor keamanan mengingat saat ini hujan sewaktu – waktu bisa turun yang bisa menyebabkan longsor susulan.

ads

Amanat Danramil disampaikan kepada warga yang ikut karya bakti membersihkan material longsor. Yaitu kita semua harus selalu waspada terhadap lingkungan sekitar tempat tinggal kita, mengingat daerah Kwadungan ini tingkat kemiringan tanah cukup tinggi, ditambah sudah jarang pohon besar sebagai penahan tanah dan air disaat hujan turun dengan intensitas tinggi.

“Saat ini hujan masih sering turun dengan intensitas yang cukup tinggi dan lama. Untuk itu perlu melakukan pemantauan terhadap lingkungan disekitar kita. Sekiranya ada tanda – tanda longsor seperti pohon atau tiang miring, ada retakan mendengar suara gemuruh maka segera lapor kepada aparat terkait guna mengambil langkah – langkah penyelamatan untuk mengurangi korban “ pungkas Serka Iswandi. (Arb)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!