1.882 ASN di Kendal Ikuti CAT Penilaian Potensi dan Kompetensi

0
339
- iklan atas berita -

Metro Times Kendal – Sebanyak 1.882 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemda Kendal mengikuti tes Penilaian Potensi dan Kompetensi Pegawai Negeri Sipil berbasis Computer Assisted Tes (CAT).

Tes yang digelar di Pendopo Kabupaten Kendal, Senin (2/11/2020) dilakukan Pemerintah Kabupaten Kendal bekerja sama dengan BKD Provinsi Jawa Tengah.

Menurut Sekda Kendal, Muh Toha, CAT bagi PNS tersebut merupakan Pilot Project dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk menerapkan system merit ASN di Instansi Pemerintah yang merupakan amanat Undang-undang No 5 tahun 2014 tentang ASN dan Peraturan Pemerintah No 17 tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah No 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS.

Ia menjelaskan terdapat 4 tujuan dari Tes yang dilakukan bagi ASN, salah satunya adalah sebagai tolak ukur persiapan kebutuhan diklat PNS.

“Tujuan dari tes ini tentunya sebagai penyusunan database kompetensi ASN untuk Manajemen talenta, Mengukur tingkat kesenjangan kompetensi ASN, Sebagai pengukur bahan pertimbangan pengembangan karir dan sebagai tolak ukur persiapan kebutuhan diklat PNS,” terang Sekda Kendal.

ads

Plt BKPP Kabupaten Kendal Wahyu Hidayat,S.H.,M.H mengatakan pelaksanaan tes yang dilakukan merupakan tahapan untuk pemetaan potensi ASN dan akan berlangsung selama 14 hari kerja yang diikuti oleh 1882 ASN Kendal.

“Pelaksanaan tes ini dilakukan selama 14 hari kerja yang dimulai per hari ini, untuk peserta kita diikuti 1882 ASN terdiri dari Pejabat Administrator 150 orang, Pejabat Pengawas 552, Pejabat Fungsional 811, dan Pejabat Pelaksana 369,” jelas Wahyu Hidayat.

Terkait penilaian potensi dan kompetensi CAT terdapat 7 aspek diantaranya, Mengukur kemampuan berpikir, mengukur kemampuan intrapersonal, mengukur kemampuan interpersonal, mengukur daya juang menghadapi hambatan, mengukur sikap kerja, mengukur potensi integritas dan mengukur tingkat kepemimpinan.

Adapun pelaksanaan Tes CAT sebelumnya menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dan pelaksanaan tes hanya dikuti oleh 50 peserta dalam satu ruangan dengan ketentuan 1 hari 2-3 sesi.(Gus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!