- iklan atas berita -

 

 

MetroTimes (Magelang) Tahun 2018 Kabupaten Magelang mendapat Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) sejumlah 1790 unit yang tersebar pada 62 Desa di 19 Kecamatan dari 21 Kecamatan yang ada di Kabupaten Magelang.

Bantuan yang diberikan adalah stimulan untuk perbaikan rumah dengan jumlah Rp 15.000.000,00 dengan rincian Rp 12.500.000,00 berwujud material dan Rp 2.500.000,00 untuk upah tenaga serta tidak dikenakan pajak sama sekali.

Diantara 19 Kecamatan di Kabupaten Magelang, Kecamatan Bandongan mendapatkan jatah dan diantara Kecamatan Bandongan itu sendiri, Desa Trasan mendapatkan jatah 30 bantuan stimulan untuk warganya.

ads

Kamis (31/6) pukul 09.00 wib dan bertempat di Balai Desa Trasan Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang, telah dilaksanakan sosialisasi kepada 30 warga yang mendapat bantuan BSPS. Sosialisasi ini turut dihadiri oleh Heri Susanto pendamping dari Kabupaten Magelang, Camat Bandongan Mulyatno SSos, Kepala Desa Trasan Drs Bagawat Gita, Bhabinkamtibmas Desa Trasan dan 30 warga yang mendapat bantuan BSPS itu sendiri.

Heri Susanto yang sekaligus merupakan pendamping mengatakan, bantuan ini adalah langsung dari APBN melalui kementrian PUPR. Dan bantuan ini bukan untuk pembangunan rumah, melainkan untuk perbaikan rumah.

Ada beberapa penilaian yang mendapatkan bantuan BSPS ini yang diantaranya adalah, rumahnya masih berdinding bambu, alasnya masih tanah, masih berpenghasilan rendah atau di bawah UMP.

Kemungkinan bantuan baru dapat dicairkan sehabis Lebaran Idul Fitri kira-kira pertengahan bulan Juli karena masih ada beberapa proses yang diantaranya pembuatan proposal yang diajukan langsung ke Kementrian PUPR Pusat di Jakarta, dan bulan September harus sudah selesai perbaikan rumahnya.

Program ini bekerjasama dengan BTN, karena untuk calon penerima BSPS akan dibuatkan rekening BTN langsung.

“Diharapkan bantuan BSPS ini tepat sasaran dan dapat membantu warga Indonesia yang kekurangan” terang Heri Susanto.

Kepala Desa Trasan Drs Bagawat Gita sangat mengapresiasi bantuan BSPS yang diberikan kepada warganya ini. Menurutnya, ini bantuan dari Kementrian PUPR bukan dari Kabupaten dan tidak sama jumlahnya. Jadi masyarakat jangan berburuk sangka kalau bantuan BSPS dengan bantuan dari Kabupaten berbeda jumlahnya.

“Terimakasih atas bantuan yang diberikan kepada warga saya, semoga para warga langsung bergegas mengurusi persyaratan yang sudah ditentukan, agar pada saatnya bantuan turun tidak ada warga yang ketinggalan mengumpulkan data dan persyaratan” jelas Kepala Desa Trasan saat memberikan sambutan kepada ke-30 calon penerima bantuan BSPS.

Camat Bandongan Mulyatno SSos sangat senang sekali dan juga sangat mengapresiasi atas bantuan yang diberikan kepada warganya, dalam hal ini Desa Trasan. Desa Trasan yang di tahun 2017 untuk PBB juga lunas 100%, sekarang 30 warganya juga mendapat bantuan perbaikan rumah dari Kementrian PUPR. Semoga bantuan di tahun-tahun depan juga merata ke beberapa Desa di Kecamatan Bandongan.

“Tolong kalau bantuan sudah cair langsung cepat digunakan, karena Ingat bulan September sudah harus selesai” jelas Camat Bandongan, Mulyatno SSos.

Program BSPS dimulai sudah dari tahun 2013 tidak hanya di tahun 2018 ini saja, dan program ini sudah berjalan dari tahun-tahun sebelumnya, dan diharapkan program ini berjalan disetiap tahun yang akan datang. (Arif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!