- iklan atas berita -

 

Metro Times (Malang) – Human Initiative Jawa Timur bersama relawan yang ada di Kota Malang turut serta membantu pihak Pemerintahan dalam penyambutan dan pemulangan para penyintas dari Wamena, Papua.

Sekitar pukul 14.00 WIB para peyintas tiba di Bandara Abdurrahman Saleh, Malang. Dengan jumlah 120 orang terdiri dari 105 orang dewasa dan 15 anak-anak. Setelah itu mereka di bawa ke Kantor Bakorwil, Klojen Malang. Di sana langsung disambut oleh Dinas setempat. Para peyintas ini berasal dari beberapa daerah Jawa Timur yaitu dari Probolinggo, Madura, Pasuruan, Lumajang, dan Jember dan beberapa orang dari Solo dan Pamulang. Mereka disambut dengan hangat oleh pemerintahan terkait terutama oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Muthori Kacab Human Initiative Jatim dalam menyikapi hal ini menyampaikan, “sabagai lembaga yang konsen dalam memberikan bantuan bagi para penyintas baik akibat kebencanaan dan konflik kemanusiaan Human Initiative ingin memberikan kontribusi kepedulian dan solusi bagi para penyintas terutama yang akhir-akhir ini terjadi di Wamena maupun daerah lain di tanah Papua.
Maka sejak awal Human Initiatve konsen pada isu kemanusiaannya saja. Karena jelas yang nama nya konflik tentu saja ada pihak- yang menjadi korban dan dirugikan baik material, harta bahkan jiwa. Dalam penanganan isu ini Human Initiative sifatnya hanya support dan memberikan bantuan kepada penyintas yang belum diberikan oleh pihak perintah maupun lembaga lain. Sebelum melakukan aksi penyambutan para penyintas yang berasal dr wilayah Jawa Timur kami juga melakukan koordinasi dengan para pemangku kepentingan yamg menangani hal ini, juga secara internal dengan lembaga-lembaga sejenis.
Nah initinya Human Initiative ingin memposisikan diri sebagai Lembaga Kemanusiaan yang merawat kemanusiaan itu sendiri. Tidak mengeksploitasi, tetapi menguatkan pesan damainya serta pesan menghargai hak dan martabat manusia.”

ads

Selain itu Human Initiative juga Human Initiative hari ini turut andil dalam pendataan penyintas, pembagian bantuan berupa hygiene kits dan pemulangan ke rumah maaing-masing yang dilakukan sekitar pukul 19.00 WIB. Human Initiative sendiri mendapat lokasi pengantaran ke Probolinggo.

Sementara informasi untuk besok masih ada 130 orang lagi yang akan tiba di Malang. Dan Human Initiative akan terus berlanjut mendampingi hingga selesai pemulangan para penyintas di Jawa Timur. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!