- iklan atas berita -

Metro Times, (Ungaran), Akibat langkanya garam disejumlah wilayah di Jawa Tengah, membuat para pedagang dan pembeli mengeluh. Seperti yang terjadi di Pasar Bandarjo Ungaran Kabupaten Semarang pada Senin siang (31/7/17), mereka mengeluhkan karena harga ikan asin yang melambung tinggi.

Dampak dari langkanya garam di pasaran serta harganya yang naik sampai tiga- empat kali lipat berimbas pada harga ikan asin ikut naik juga dan naiknya cukup tinggi, juga karena faktor cuaca yang kurang bagus berdampak pada sulitnya para nelayan mencari ikan di laut, khususnya jenis ikan yang di asinkan.

“Karena harga ikan yang naik cukup tinggi bahkan ganti harga membuat omset saya juga ikut menurun kok mas, para pelanggan khususnya bakul yang biasanya beli tiga kilogram sekarang paling belinya cuman satu kilogram tiap harinya mas ,” tutur Ningpur /Purwanto salah satu pedagang di pasar Bandarjo Ungaran.

“Imbas dari harga ikan asin yang ganti harga ini saya sekarang tidak bisa stok macam-macam jenis ikan asin mas,kalau dulu disini ikan asin yang saya jual paling komplit macamnya, tapi karena harga naik modal saya sudah ndak cukup lagi paling saya kulakan yang paling banyak dicari para pembeli saja itupun dengan stok terbatas kok mas ,” imbuh Ning kepada wartawan harian7 di sela-sela melayani pembeli.

ads

Untuk jenis ikan asin jui dulu harga Rp 10.000,00 sekarang naik menjadi Rp 20.000,00 , sedangkan untuk jenis petek dulu harga Rp 15.000,00 sekarang naik menjadi Rp 20 sampai 25.000,00 , untuk jenis ikan layur dulu harga Rp 50.000,00 sekarang menjadi Rp 70.000,00 , untuk jenis ikan peda dulu harga Rp 30.000,00 sekarang menjadi Rp 35.000,00 dan untuk jenis ikan teri asin dulu harga Rp 30.000,00 sekarang menjadi harga Rp 40.000,00 per kilonya.

“Saya rugi mas karena mau saya jual lagi kok mas karena dirumah saya jual sambel ikan peda,harapan saya kepada Pemerintah supaya harga garam dan ikan asin bisa normal lagi seperti dulu,” ujar Luky Kusumaningrum warga Perum Sidosari Ungaran Timur.

Sebagian pembeli sudah tau harga ikan asin naik karena pengaruh dari harga garam yang mahal tapi ada juga yang protes kok mahal banget khususnya pedagang makanan matang karena hasilnya sangat mepet sekali juga bagi pedagang sekarang jual jenis ikan asinnya tidak lengkap padahal jenis ikan asin itu banyak sekali kami cuman bisa stok sedikit jenisnya karena terkendala harga yang tinggi saat ini dan harapannya semoga cepat didapat solusinya dan harga bisa kembali normal dan stabil lagi baik dari harga garam maupun harga ikan asin saat ini.(Andy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!