- iklan atas berita -

Metro Times, (Kebumen), Bupati Kebumen M. Yahya Fuad menyarankan agar umat islam di Kebumen, untuk tetap berada di tempat terkait aksi bela Etnis Rohingya yang akan digelar di seputaran Candi Borobudur Magelang pada hari Jumat (08/09) mendatang.

Yahya Fuad berharap agar umat Muslim di Kebumen cukup berdoa di masjid ataupun berdoa rumah masing masing. Pernyataan tersebut diungkapkan langsung Bupati Kebumen yang pada saat itu di dampingi Kapolres Kebumen AKBP Titi Hastuti saat akan mengecek pencoblosan pilkades, Rabu (06/09) di Pendopo Kebumen.

Menurut informasi yang diperoleh, pada acara lintas agama yang melibatakan FKUB, MUI, Ormas, Forkopimda, mengenai pernyataan sikap tentang konflik sosial di Rakhine Myanmar, warga Kebumen sepakat akan tetap menjunjung tinggi kerukunan umat beragama di Kebumen.

Dalam kesempatan itu pula, didapati kesepakatan bahwa umat muslim Kebumen tidak ada yang berangkat dalam aksi bela Etnis Rohingya di Magelang.

Hal itu diungkapkan langsung oleh ketua MUI Kebumen Nursodik. Dirinya mengatakan cukup menggelar berdoa Bersama tanpa harus berangkat ke Magelang.

ads

Selain itu, Kapolres Kebumen AKBP Titi Hastuti yang juga hadir dalam acara tadi malam mengatakan, membolehkan melakukan bela Islam etnis Rohingya Myanmar, namun dengan kegiatan positif.

Menurutnya candi Borobudur adalah selain merupakan warisan dunia, candi Borobudur adalah tempat ibadah dan juga merupakan objek vital nasional.

“Dalam peraturan perundang undangan, dalam menyampaikan pendapat di muka umum tidak boleh dilakukan di tempat ibadah dan juga di objek vital nasional. Sehingga hal tersebut merupakan pelanggaran hukum,” katanya.

Sehingga jelas sudah, bahwa pernyataan pemerintah Kebumen tidak mengijinkan umat Muslim untuk berorasi di Magelang, cukup berdoa di rumah saja.(Daniel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!