- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Magelang) Komandan Kodim 0705 Magelang, Letnan Kolonel Inf Hendra Purwanasari kembali memberikan perintah dan arahan kepada seluruh anggota Kodim 0705/Magelang di Makodim, Jumat (26/01/2018).

Dandim meminta kepada seluruh anggota supaya selalu memonitor wilayah dan selalu melakukan pengawasan terhadap semua yang ada dan yang terjadi di wilayahnya. Sehingga setiap kejadian atau setiap peristiwa yang dapat menimbulkan dampak negatif dapat diantisipasi dan cegah.

Memasuki tahun politik 2018, Hendra menekankan kepada seluruh Danramil dan anggotanya agar memaksimalkan peran babinsanya untuk melakukan deteksi dini dan cegah dini terhadap situasi yang mungkin muncul sebagai konsekuensi perkembangan politik menjelang pilkada. Selaku aparat satuan kewilayahan, personel Kodim Magelang dituntut untuk membantu aparat kepolisian dan pemerintah daerah menjaga keamanan dan kelancaran pelaksanaan pilkada serentak, sesuai dengan koridor tugas dan tanggung jawabnya.

Netralitas personel satuan kewilayahan dalam pesta demokrasi merupakan suatu yang harus dan wajib dilaksanakan, demi terwujudnya pilkada serentak yang aman, damai dan demokratis sehingga mampu menghasilkan pemimpin yang baik dan sesuai harapan. Selain itu, para Danramil juga diharapkan mampu membaca situasi dan memetakan wilayah rawan konflik sehingga bisa mencegah konflik atau gesekan sebagai dampak dari pilkada.

ads

Yang menjadi penekanan Dandim adalah, dalam melaksanakan tugasnya, seluruh personel Kodim Magelang supaya mentaati aturan-aturan dan menjaga netralitas, agar tidak mencederai pelaksanaan pilkada.

“Tahapan Pilkada saat ini sudah dimulai, saya harap semua personel Kodim untuk tetap menjaga netralitas. Seluruh fasilitas yang dimiliki oleh satuan tidak boleh digunakan untuk kepentingan pesta demokrasi. Kendaraan, gedung, lapangan dan fasilitas lain milik TNI tidak boleh digunakan untuk kampanye dan kegiatan lain yang terkait dengan pilkada” tegas Dandim.

Netralitas TNI dalam pilkada sudah menjadi komitmen yang harus dilaksanakan oleh seluruh anggota TNI. Pimpinan TNI, Pimpinan Angkatan Darat dan Pimpinan Kodam IV/Diponegoro selalu menekankan dan memerintahkan kepada seluruh anggota untuk tetap netral pada gelaran pilkada serentak. (Arif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!