- iklan atas berita -

 

Metro Times (Magelang) Babinsa Koramil 06/Grabag Kodim 0705/Magelang bersama Aparat Desa dan tim SAR melaksanakan pengecekan alat pendeteksi longsor Early Warning Sistem (EWS) di empat titik khususnya di Dusun Kupen Desa Baleagung Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang, Kamis (10/01).

Pengecekan alat Early Warning Sistem (EWS) ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah alat tersebut masih bisa berfungsi atau ada kerusakan, dalam hal ini Babinsa Koramil 06/Grabag Serka Nurdaim mengajak Aparat Desa Baleagung dan anggota SAR untuk melakukan pengecekan alat pendeteksi longsor.

“Pengecekan ini sangat penting dilakukan mengingat musim saat ini sudah memasuki musim penghujan, sebab Desa Baleagung ini merupakan desa pemetaan rawan tanah longsor karena di Dusun Kupen khususnya terdapat retakan tanah yang sudah sejak lama dan dikhawatirkan terjadi longsor” tutur Nurdaim.

Masih kata Nurdaim, kami juga mengimbau kepada warga desa khususnya Dusun Kupen untuk selalu waspada akan tanda-tanda resiko tanah longsor, sebab sudah ada retakan tanah yang terdapat di dusun tersebut.

ads

“Kami berharap masyarakat sekitar lebih peduli terhadap hal ini, dan apabila ada tanda-tanda sudah ada warga diharapkan untuk segera menjauhi daerah longsor dan segera melaporkannya kepada instansi yang berwewenang” imbuhnya.

Dengan adanya alat ini tentu sangat membantu warga dalam mendeksi dan mengantisipasi adanya bahaya tanah longsor, namun tentunya pengamatan secara visual akan lebih valid sehingga peran masyarakat sangat dibutuhkan.(ltf/Arif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!