- iklan atas berita -

Metro Times (Magelang) Babinsa Koramil 04/Windusari Kodim 0705/Magelang, Sersan Kepala Eko Basuki bertindak menjadi Pembina Upacara di SD N Genito, Kecamatan Windusari, Senin (13/01/2020).

Pada hakekatnya Upacara Bendera adalah pencerminan dari nilai-nilai budaya bangsa yang merupakan salah satu pancaran peradaban bangsa, hal ini merupakan ciri khas yang membedakan dengan bangsa lain. Upacara pengibaran Bendera merupakan kegiatan wajib yang selalu dilaksanakan di sekolah-sekolah baik dari tingkat SD, SMP hingga SMA setiap pada hari Senin atau hari hari besar kenegaraan.

Dalam Upacara Bendera di SDN Genito ini, sederet acara di gelar yang semuanya bermuara pada kedisiplinan dan jiwa nasionalisme. Mulai dari anak-anak dibariskan dengan sangat rapi, sampai pembubaran barisan setelah selesai upacara bendera.

Upacara Bendera menjadi ajang bagi para siswa untuk berjiwa nasionalis. Pengibaran Bendera Merah Putih pada saat Upacara Bendera di SD N Genito, adalah bentuk rasa hormat dan penghargaan pada para pahlawan pendiri bangsa. Karena ketekadan para pahlawan yang gagah berani mengusir penjajah dari bumi Indonesia, sehingga kini kita bisa merasakan perjuangan mereka.

Upacara Bendera juga mengajarkan pada siswa untuk mengenang jasa para pahlawan, mendoakannya, dan menyanyikan lagu-lagu nasional yang membuat para siswa tahu sejarah bangsa Indonesia dan menanamkan jiwa patriotisme di kalangan para pelajar.

ads

Oleh karena itu penanaman jiwa patriotisme merupakan salah satu kewajiban kita, termasuk Koramil 04/ Windusari yang diberikan kepada para pelajar di SD N Genito Kec. Windusari, Kabupaten Magelang

Selaku Pembina Upacara di SD N Genito pada Senin (13/01/2020) pagi ini, Babinsa Desa Genito Serka Eko Basuki, Koramil 04/Windusari mengungkapkan bahwa para siswa harus selalu mengenang jasa para pahlawan serta wajib memiliki wawasan dalam berkebangsaan.

Usai Upacara Bendera, Babinsa Koramil 04/ Windudari Serka Eko Basuki menyalami pelajar yang menjadi petugas upacara bendera Senin pagi.

“Kita harus selalu berpegang teguh pada Pancasila, mengenang jasa para Pahlawan dan memiliki wawasan yang besar dalam berkebangsaan. Tentunya kita adalah bangsa yang kuat dimana para pemuda memiliki peran yang penting dalam menjaga NKRI,” ucap Serka Eko Basuki saat memberikan amanatnya kepada para Siswa dan siswi SD N Genito .

Bahkan lanjutnya, TNI akan terus memberikan pendidikan wawasan yang luas serta mengajarkan siswa memiliki jiwa patriotisme serta lebih giat dalam menuntut ilmu, patuh pada Bapak dan Ibu Guru di sekolah supaya nantinya bisa menjadi putra putri yang lebih baik dan unggul dalam ilmu pengetahuan.

“Kami akan intens melaksanakan Upacara di sekolah-sekolah agar para peserta didik lebih memiliki jiwa patriotisme, dan bisa lebih menghargai jasa-jasa para pahlawan yang sudah menumpahkan darahnya untuk negeri ini”, ucapnya.

Turut hadir pada upacara tersebut, Kepala Sekolah SD N Genito Sugiyanto S.Pd, Para Dewan Guru SD N Genito, dan Babinsa koramil 04/Windusari Serma Suripto.

Kepala SD N Genito Sugiyanto S .Pd, mengucapkan banyak terima kasih kepada Babinsa yang sudah mau hadir menjadi Pembina Upacara di SDN Genito. (rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!