- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Setelah “tidur panjang” akibat pandemi Covid-19, sejumlah desa wisata di Kabupaten Purworejo bangun dan kembali bergeliat untuk menerima kunjungan wisata. Salah satunya yakni Desa Kaligono Kecamatan Kaligesing.
Geliat itu terlihat saat tim dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Purworejo melakukan kegiatan uji paket wisata di Desa Kaligono pada, Rabu (1/12).

Dalam kunjungan itu diketahui bahwa Desa Kaligono yang kaya potensi wisata tersebut memiliki destinasi wisata alam air terjun bernama Curug Siklothok. Curug dengan ketinggian puluhan meter tersebut menawarkan butiran-butiran air serupa salju yang siap ditangkap oleh mata kamera android untuk diabadikan bersama teman dan keluarga. Sangat tepat jika wisata Desa Kaligono memiliki julukan “Dewi Kano Gawe Tresno” (Desa Wisata Kaligono Bikin Cinta) yang membuat pengunjung akan merasa betah berlama-lama.

Dewi Kano Gawe Tresno juga menawarkan kuliner ala Desa Kaligono, Pondok Siklothok, dan Home stay Sadewo yang berada tidak jauh dari Curug Siklothok.

“Wisata Desa Kaligono memang lama tidak dibuka karena pandemi. Namun, dengan adanya uji paket wisata ini, wisata Kaligono dinyatakan siap menerima kunjungan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara,” kata Kades Kaligono Suroto.

ads

Suroto juga mengapresiasi kegiatan uji paket wisata oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Purworejo. “Kegiatan ini sangat bagus sekaligus sebagai promosi tempat wisata yang ada di Purworejo,” sebutnya.

Uji paket wisata dihadiri oleh Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Purworejo Agung Wibowo, Asisten 1 Sekda Purworejo Bambang Susilo, Kabid Pengembangan Kapasitas dan Promosi Pariwisata Dinparbud, Endah Hanna Rosanti, serta Forum Komunikasi Desa Wisata Kabupaten Purworejo.

Uji paket wisata tersebut bertujuan untuk menilai kesiapan desa wisata dalam menerima wisatawan setelah tidur panjang karena pandemi COVID-19. “Uji paket wisata ini tujuannya untuk self assessment bagi desa wisata yang ada di Kabupaten Purworejo. Jadi untuk menilai apakah desa wisata yang ada sudah siap menerima kunjungan wisatawan atau belum, ya ini sebagai pemantik,” ungkap Endah Hanna Rosanti saat berada di lokasi Curug Siklothok.

Tak hanya sebagai pemantik, kegiatan yang diikuti oleh beberapa stakeholder termasuk awak media tersebut juga bertujuan untuk mempromosikan desa wisata.

“Kita mengajak beberapa stakeholder seperti pewarta, GenPI, HPI dan tim promosi dinas sendiri untuk mempromosikan tempat-tempat wisata yang kita kunjungi,” lanjutnya.

Uji paket wisata desa Kaligono adalah uji paket keempat setelah sebelumnya digelar di Desa Sukowuwuh Kecamatan Bener, Desa Ketawangrejo, dan Desa Somongari.

“Uji paket wisata selanjutnya atau yang kelima direncanakan di Desa Kaliurup Kecamatan Kemiri,” jelas Endah. (dnl).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!