- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Bank Indonesia (BI) melalui Kantor Perwakilan Purwokerto menggelontorkan bantuan yang diwujudkan dalam BI-Corner di SMAN 1 Purworejo. Keberadaan BI-Corner dinilai melengkapi perpustakaan sekolah dan menjadi sumber ilmu baru bagi siswa dan guru.

Peluncuran BI-Corner dilakukan oleh Kepala Kantor Perwakilan BI Purwokerto, Martahan Fritson bersama Kepala SMAN 1 Purworejo, Padmo Sukoco MPd, Kamis (7/12). Hadir dalam kesempatan itu, perwakilan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpusda) Kabupaten Purworejo Rahmat Wahyu Widodo, dan perwakilan Komite SMAN 1 Purworejo Sigit Budi Mulyanto MM yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Purworejo.

“Perpustakaan merupakan jantungnya sekolah dalam hal ilmu pengetahuan, sumber ilmu ada diperpustakaan. Kami berterima kasih kepada BI atas bantuan BI- Corner ini dan harapannya kerja sama dapat terus berlanjut,” kata Padmo Sukoco.

Martahan Fritson mengungkapkan, program BI-Corner diluncurkan sebagai salah satu bentuk kepedulian BI untuk mencerdaskan anak-anak bangsa. Keberadaan BI-Corner di perpustakaan tidak hanya memberikan pengetahuan kepada siswa dan civitas akademika mengenai tugas dan fungsi BI. Lebih dari itu, para siswa dapat mengakses lebih lengkap ilmu pengetahuan seputar perekonomian dan perbankan secara umum.

Selain buku yang tertata rapi di rak dan kursi yang nyaman untuk membaca, BI-Corner juga dilengkapi seperangkat komputer lengkap dengan internetnya.

ads

“Pengetahuan yang digali di BI-Corner ini juga tidak hanya mencakup skala nasional, melainkan juga internasional,” ungkap Fritson.

Disebutkan, sampai saat ini bantuan BI-Corner di wilayah BI Purwokerto yang sudah disalurkan sebanyak tujuh unit. SMAN 1 Purworejo menjadi yang ketiga pada tahun ini.

“Secara nasional sudah ada lebih 650 BI-Corner dengan sasarannya universitas atau perguruan tinggi. Hanya beberapa SMA terpilih saja yang mendapatkan bantuan ini,” sebutnya.

Sementara itu, Rahmat Wahyu Widodo, Kasi Deposit dan Pengelola Perpustakaan Dinarpusda Purworejo menginginkan perpustakaan SMAN 1 dapat lebih maju setelah mendapatkan fasilitas khusus dari BI. Hal senada juga dikatakan Sigit Budi Mulyanto.

“Manfaatkan sarana dan prasarana ini dengan sebaik-baiknya karena tidak semua sekolah bisa memiliki,” kata Sigit.

Selain meluncurkan secara resmi BI-Corner, BI perwakilan Purwokerto melalui Public Relationnya, Iliya Ramadani, juga memberikan kuliah umum kepada puluhan siswa di ruang Multimedia SMAN 1. Kegiatan diakhiri dengan peninjauan BI-Corner yang berada di ruang perpustakan lantai dua oleh Tim BI bersama guru dan komite sekolah. (Daniel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!