- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Tim Pemenangan Paslon Bupati/Wakil Bupati Nomor Urut 02 Kuswanto-Kusnomo (Bung Tomo), sesalkan deklarasi kemenangan yang dilakukan oleh petahana, pada Pilkada Purworejo Tahun 2020 yang usai digelar 9 Desember kemarin.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh juru bicara Bung Tomo, R Muhammad Abdullah, ketika menggelar konferensi pers di posko pemenangan Bung Tomo di Jalan Brigjen Katamso Pangenrejo, Kamis (10/12/2020).

“Jika ada (salah satu) calon yang mendeklarasikan kemenangan itu mengintervensi moril penyelenggara (KPU) dan bentuk arogansi,” tandasnya.

Menurt Abdullah, seharusnya masing-masing kandidat menunggu hasil perhitungan resmi dari Komisi Pemilihan Umum, selaku penyelenggara pemilu. Pasalnya, jika mendasarkan perhitungan dari saksi masing-masing calon, berpotensi kesalahan.

“Pelaporan dari saksi ada (potensi) human eror,” ujar Abdullah.

ads

Pada kesempatan tersebut, Abdullah juga menyampaikan hasil perhitungan perolehan sementara yang dilakukan oleh Tim Pemenangan Bung Tomo.

“Hasil perhitungan sementara Bung Tomi unggul 131 suara (dari Paslon O3 Bastian-Yuli). Nomor urut 1 (Agustinus-Kabuli) 115.446, nomor urut 2 (Kuswanto-Kusnomo) 143.349, dan nomor urut 3 (Bastian-Yuli) 143.218,” sebutnya.

Namun demikian, lanjut Abdullah, data tersebut belum genap 100 persen. Pihaknya baru menyelesaikan perhitungan dari 1.879 dari 1901 TPS (Tempat Pemungutan Suara).

Terkait dengan penyelenggaraan Pilkada Purworejo 2020, kata Abdullah, Tim Paslon 02 juga menyesalkan adanya temuan dugaan politik uang. Pihaknya juga mencurigai adanya kejanggalan hasil pemungutan suara di salah satu kecamatan yang dinilai kurang wajar.

“Ada di satu kecamatan yang hasilnya tidak wajar, namun tidak kami sebutkan dimana karena itu bagian dari strategi kami,” ujarnya.

Abdullah menyatakan, Tim Pemenangan Bung Tomo, akan menghormati hasil apapun, yang nantinya akan diumumkan oleh KPU. Namun tidak menutup kemungkinan, jika terdapat kejanggalan atau kecurangan disertai bukti yang kuat, pihaknya akan menempuh jalur hukum.

Pada akhirnya, Abdullah mewakili seluruh Tim Pemenangan Bung Tomo, mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Purworejo, khususnya bagi para pendukung Kuswanto-Kusnomo. (SHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!