- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM bersama rombongan pejabat Pemda menginap di Desa Pelutan, Kecamatan Gebang dalam program Bupati Tilik Desa pada hari Rabu-Kamis (6-7/12). Kehadiran Bupati memacu semangat Pemerintah Desa serta masyarakat untuk menggarap seluruh potensi, khususnya sektor pertanian dan perikanan yang dimiliki Pelutan.

Rombongan Bupati tiba di lokasi pada Rabu sore langsung disambut oleh Kepala Desa (Kades) Pelutan, Siti Rokhayah bersama Muspika Gebang, dan warga. Rombongan juga disuguhi dengan berbagai pertunjukan seni lokal, seperti dolalak dan gambyong.

Beragam kegiatan digelar. Dimulai pada malam hari, Bupati melakukan sarasehan dengan para tokoh masyarakat setempat.

Sarasehan juga diisi dengan dialog interaktif seputar pertanian menghadirkan narasumber dari Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kabupaten Purworejo.

Selanjutnya pada pagi hari dilakukan tracking hutan pinus dan gerakan menanam kelapa. Suasana Bupati tilik Desa kian akrab dengan adanya jalan sehat diikuti ratusan warga dan siswa SDN Pelutan serta lomba mancing dengan puluhan peserta umum se-Kabupaten Purworejo.

ads

“Saya menyambut baik dan mengapresiasi diadakannya Gerakan Menanam Kelapa karena kita menyadari kelapa merupakan tanaman yang bisa tumbuh di seluruh tempat di Kabupaten Purworejo dan bisa dimanfaatkan semua bagiannya,” kata Bupati Agus Bastian.

Diungkapkan Bupati, belum lama ini dirinya bersama Pimpinan DPRD dan Sekda melakukan kunjungan kerja ke negara Hungaria dan Kroasia di Eropa Timur. Dari kunjungan tersebut, pihaknya jadi memahami bahwa di Hungaria tidak ada tanaman kelapa, tetapi mereka memerlukan komoditas kelapa berikut turunannya. Sementara kelapa di Kabupaten Purworejo sangat melimpah dan ada di hampir semua Desa.

“Oleh karena itu, kelapa merupakan salah satu potensi besar yang perlu kita kembangkan, agar nantinya bisa memenuhi permintaan pasar secara kontinyu,” ungkapnya.

Terkait program Tilik Desa, Bupati menyebut bahwa Kegiatan tersebut merupakan media silaturahmi Bupati Purworejo beserta jajarannya ke desa-desa yang tersebar di wilayah Kabupaten Purworejo. Dengan adanya kunjungan dan interaksi langsung, diharapkan dapat mendukung pengembangan potensi yang ada di desa yang dikunjungi maupun desa-desa di sekitarnya.

“Kegiatan yang diintegrasikan dengan program dan kegiatan di OPD ini, diharapkan juga menjadi daya ungkit percepatan pembangunan desa,” ungkapnya.

Sementara itu, Kades Pelutan Siti Rokhayah menyatakan bahwa kehadiran Bupati menjadi titik tolak pengembangan ekonomi. Adanya dukungan penuh dari Pemerintah melalui dinas-dinas terkait menumbuhkan semangat untuk menggarap segala potensi yang ada, khususnya sektor pertanian dan perikanan.

“Potensi unggulan kami di bidang pertanian cukup banyak, seperti kelapa, serai, kirut, dan jambu Kristal. Untuk perikanan, sekitar 60 warga telah memiliki kolam dan kami punya produk unggulan keripik nila,” katanya.

Untuk kedepannya, seluruh kolam yang tersebar di sejumlah Dusun akan dipetakan dan dikelola melalui Bumdes Srikandi yang saat ini masih dalam persiapan peluncuran.

“Bumdes sudah ada, tapi akan kita launching 1 April 2018. Termasuk kolam yang kita pakai lomba mancing sekarang ini akan kami kelola sebagai wisata Desa melalui Bumdes,” jelasnya. (Daniel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!