- iklan atas berita -

Metro Times (Magelang) Bentuk kepedulian terhadap warga masyarakat dalam percepatan penurunan angka stunting, Koramil 18/Ngluwar Kodim 0705/Magelang bekerja sama dengan Puskesmas setempat membagikan makanan bergizi dalam bentuk susu dan telur kepada puluhan balita stunting serta ibu hamil penderita Kekurangan Energi Kronis (KEK).

Adapun kegiatan bertempat di Aula Puskesmas Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang, Jumat (28/10).

Tujuannya untuk membantu meningkatkan asupan gizi bagi balita stunting dan ibu hamil yang mempunyai potensi anak terlahir stunting. Agar nantinya stunting dapat dicegah dan ibu hamil dapat memenuhi gizi untuk kandungannya.

Bidan Desa Puskesmas Ngluwar, Eka Hariyani A.Md.Keb, mengatakan minimnya pengetahuan orang tua, terutama ibu tentang kesehatan dan pola asuh adalah salah satu penyebab balita stunting. Selain itu faktor ekonomi juga berperan besar dalam kasus balita stunting ini.

Oleh sebab itu, Eka melanjutkan, kegiatan Jumat berkah ini dilaksanakan sebagai langkah nyata dan usaha Koramil bersama Puskesmas agar di wilayah Ngluwar terbebas dari kasus balita stunting.

ads

“Tiga hal yang harus diperhatikan dalam pencegahan stunting yaitu perbaikan terhadap pola makan, pola asuh serta perbaikan sanitasi dan akses air bersih,” tandasnya.

Di tempat yang sama Bati Bakti TNI Koramil Ngluwar, Peltu Sutrisno menuturkan, TNI bersama Dinas Kesehatan dalam hal ini Koramil dan Puskesmas bersinergi membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat di bidang kesehatan.

Menurutnya, kegiatan Jumat berkah ini baru pertama kali dilaksanakan. Harapannya bisa terus berlanjut dan diikuti oleh instansi lain.

“Jadikan momentum Jumat berkah sebagai hari yang penuh keberkahan untuk saling berbagi. Dan melalui program ini, mudah-mudahan wilayah Kecamatan Ngluwar terbebas dari stunting,” ujarnya. (rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!