- iklan atas berita -

Metro Times (Magelang) Menjelang hari Raya Idul Fitri, umat Islam wajib membayar zakat. Hal itu juga dilakukan oleh seluruh personel Kodim 0705/Magelang yang beragama Islam.

Zakat fitrah di lingkungan Makodim Magelang kali ini berhasil mengumpulkan 985 kilogram beras. Jumlah tersebut merupakan hasil pengumpulan zakat dari anggota beserta keluarga. Dari jumlah tersebut, zakat dikemas dalam paket kantong yang berisi 5 kilogram beras.

Pembagian zakat kepada mereka yang berhak menerimanya, khususnya warga yang berdomisili di sekitar Kodim 0705/Magelang.

Dandim 0705/Magelang Letnan Kolonel Arm Rohmadi, S.Sos, M.Tr(Han) berkesempatan menyerahkan secara langsung zakat fitrah kepada masyarakat sekitar Makodim.

Letkol Arm Rohmadi menuturkan pembayaran zakat fitrah adalah untuk membersihkan diri dalam menyambut hari yang fitri setelah selama sebulan penuh menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

ads

“Zakat fitrah ini adalah untuk membersihkan diri sebagai penyempurna setelah berpuasa sebulan penuh,” kata Dandim saat penyerahan zakat fitrah kepada masyarakat di Gedung Prajurit, Jumat (07/05).

Cara membayar zakat fitrah menurut Islam adalah dengan mengeluarkan 2,5 kilogram bahan makananan pokok. Karena di Indonesia umumnya beras adalah makanan pokok sehingga banyak masyarakat Indonesia yang membayar zakat dengan beras.

Pembayaran zakat fitrah Kodim 0705/Magelang juga berlaku bagi personel yang berdinas di koramil jajaran. Penyaluran zakat fitrah di koramil jajaran di lakukan oleh koramil masing-masing. Zakat fitrah yang dikakukan di koramil selanjutnya dibagikan kepada golongan yang berhak menerimanya. (rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!