- iklan atas berita -

Metro Times (Wonosobo) – Danramil 01/Wonosobo Kapten Inf Sugeng Hariyanto melaksanakan pembinaan anggota Linmas di Balai Desa Wonosobo Barat dalam rangka persiapan Pilkada Serentak 2020. (19/11)

20/11 Danramil 01 Wonosobo Sosilaisasikan Pembinaan Linmas.

Dalam penyampaiannya Danramil menuturkan bahwa Linmas mempunyai peran sangat penting di desa. Banyak tugas yang diberikan oleh pemerintah kepada Linmas seperti yang terjantum dalam Permendagri No 84 tahun 2014. Untuk itu harus menguasi bentul tiap aitemnya dan dilaksanakan penuh dengah rasa keihlasan dan penuh tanggung jawab. Dengan melaksanakan tugas penuh keihlasan maka akan teras ringan.
Perlindungan masyarakat (Linmas) adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan pengamanan Pilkada Serentak serta menjaga ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya di desa.
Apalagi dalam situasi masa pendemi ini peran Linmas dimasyarakat begitu penting keberadaannya dimasyarakat. Yaitu mengajak masyarakat agar ikut serta memutus mata rantai penyebaran virus corona. Seperti rajin memakai masker jika keluar rumah, rajin cuci tangan pakai sabun jika telah selesai melaksanakan aktivitas diluar. Menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga jarak di keramaian, jika tidak penting sekali lebih baik diam dirumah.
Ini penting diberikan pemahaman kemasyarakat dalam rangka pelaksanaan new normal. Pemahaman ini harus diberikan kepada masyarakat secara terus menerus sebab tingkat kemampuan masyarakat berbeda antara satu dengan yang lainnya. Itu semua merupakan salah satu kegiatan bela negara. Bela negara dapat dilakukan sesuai dengan profesi masing-masing.
Setelah acara penyuluhan selesai dilanjutkan dengan latihan PBB oleh Pelda Lilik Gunarso Batuud Koramil. Dalam latihan itu disampaikan bahwa latihan PBB dapat membentuk seseorang menjadi lebih disiplin, karena disana orang di perintahkan untuk mematuhi perintah pimpinan. Dalam PBB juga diajarkan kita dalam melaksanakan perintah harus sesuai waktu yang telah ditentukan. Jika itu semua diterapkan dalam kehidupan sehari – hari maka akan sangat baik sekali.
Manfaat yang lain dari PBB adalah melatih kita untuk menanamkan rasa kebersamaan, rasa persaudaraan. Karena dalam PBB gerakan kita harus sama baik dalam waktu maupun yang lainnya.(Pendim0707/Arr)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!