- iklan atas berita -

MetroTimes (Magelang) Tumbuhkan Jiwa Nasionalis, Kodim 0705/ Magelang Berikan Wawasan Kebangsaan pada SMP Kartika Mertoyudan. Kodim 0705/Magelang menggelar penyuluhan wawasan kebangsaan di SMP Kartika XII-1 Mertoyudan pada Rabu (13/12).

Sekitar 250 pelajar kelas  VII, VIII dan IX SMP Kartika  XII-1 menerima materi wawasan kebangsaan yang disampaikan oleh para perwira Kodim 0705/Magelang. Para siswa diberikan materi tentang empat pilar kebangsaan dan pembinaan karakter. Tujuannya untuk meningkatkan wawasan kebangsaan, serta menumbuhkan jiwa nasionalisme dalam semangat persatuan, kesatuan dan kebersamaan kepada segenap komponen bangsa

Pembinaan karakter yang diberikan merupakan suatu kegiatan yang diharapkan mampu membentuk pelajar / generasi muda yang mempunyai kepribadian yang baik sesuai dengan azas-azas Pancasila.

Salah satu pemateri pembinaan karakter adalah Kapten Arm Mashudi Pitoyo (Danramil Mertoyudan) menekankan kepada seluruh pelajar agar senantiasa menjunjung etika dan tata krama, sopan santun dan taat kepada orang tua dan guru.

Selain itu Mashudi Pitoyo juga menghimbau kepada para pelajar agar senantiasa menerapkan pola hidup disiplin, sehingga dalam kehidupan sehari-hari semuanya bisa berjalan sesuai dengan pola yang sudah direncanakan. Disadari atau tidak, disiplin merupakan salah satu kunci keberhasilan bagi seseorang.

ads

Menurut Danramil Mertoyudan tersebut, disiplin harus diterapkan pada setiap kesempatan, baik saat di sekolah maupun di rumah.

Dihadapan para guru dan siswa SMP Kartika XII-1, Kapten Arm Mashudi Pitoyo berharap agar generasi muda sekarang khususnya pelajar agar menghindari dan mencegah kenakalan remaja. Mengakhiri kegiatan di ruangan, Mashudi Pitoyo meminta kepada seluruh pelajar untuk bisa menggunakan alat komunikasi (HP) secara bijak dan sesuai dengan kebutuhan. Danramil 11 Mertoyudan Kapten Arm M Pitoyo mengataka ,

“Hendaknya HP digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat bagi yang bersangkutan” terang M pitoyo.

Kepala Sekolah SMP Kartika XII-1, Asrul SPd mengapresiasi kegiatan pembinaan siswa melaui peningkatan wawasan kebangsaan yang dilaksanakan oleh Kodim Magelang. Kegiatan ini dapat memotivasi pelajar untuk lebih giat dan lebih rajin dalam belajar, juga untuk melatih disiplin para siswa.

Kepala Sekolah SMP Kartika XII-1 Mertoyudan, Asrul SPd mengatakan,

“Sekolah berharap kegiatan seperti ini supaya dilanjutkan pada waktu-waktu yang akan datang” jelas Asrul.

Selain mendapatakan materi wawasan kebangsaan para pelajar juga diberikan materi peraturan baris-berbaris dan permainan (out bond) yang dipandu oleh para personel dari Kodim 0705/Magelang. (Arif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!