- iklan atas berita -

Metro Times (Magelang) Komandan Korem 072/Pamungkas Brigjen TNI Afianto didampingi Ketua Persit KCK Koorcab Rem 072 PD IV/Diponegoro Ny. Rina Afianto melaksanakan kunjungan kerja ke wilayah Kodim 0705/Magelang dalam rangka meninjau pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke 112 TA 2021 di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Kamis (30/9/2021) kemarin.

Tiba di Posko TMMD 112 Ketep Pass, Danrem 072/Pmk disambut oleh Dandim 0705/Magelang Letkol Arm Rohmadi, S.Sos., M.Tr.(Han), Dirut Objek Wisata Ketep Pass Mul Budi Santosa, Ketua Persit KCK Cabang XXV Kodim 0705/Magelang Ny Heny Rohmadi dan Perwira Staf jajaran Kodim 0705/Magelang.

Dandim 0705/Magelang menjelaskan tentang kemajuan pelaksanaan TMMD berupa sasaran fisik diantaranya Pembuatan corblok jalan panjang 1.400 m 60 %, Pembuatan saluran air panjang 450 m 91 %, Pembuatan senderan panjang 114 m 100 % dan Rehab 10 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) warga desa Ketep 80 %. Sedangkan untuk sasaran Non fisik sudah dilaksanakan Kegiatan Donor darah, Khitanan massal, Pembinaan Usaha Kecil dan Menengah, kegiatan Bakti Sosial, Penyuluhan Kamtibmas/Narkoba, Penyuluhan Wawasan Kebangsaan, Sosialisasi Pendidikan online, penyuluhan pernikahan dan penanaman pohon/reboisasi.

Selain itu masih ada kegiatan Non fisik yang belum dilaksanakan dalam program TMMD meliputi penyuluhan pencegahan stunting, Posyandu, Posbindu, penyuluhan disiplin dan tertib hukum, Bela Negara, penggunaan Medsos, penyuluhan Covid-19, sosialisasi Werving TNI AD, serbuan Vaksinasi dan olahraga bersama.

Danrem 072/Pamungkas mengharapkan kepada anggota Satgas TMMD selama pelaksanaaan TMMD bisa sambil belajar budaya di masyarakat Ketep seperti Wayang Kulit dan Kesenian Soreng terutama bagi anggota yang berasal dari luar jawa sehingga kita bisa mencintai budaya dari daerah lain.

ads

Lebih lanjut Danrem menjelaskan di Kodim 0705/Magelang ada Bintara Otonomi Khusus (Baotsus) yang berasal dari Papua mereka bisa belajar budaya Jawa yang nantinya dapat dikembangkan di Satuannya masing-masing sehingga tercipta Bhineka Tunggal Ika.

“Mereka, Ba Otsus bisa belajar keragaman budaya disini dan akan dibawa ke tempat tugas nantinya, Kebhinekaan budaya akan tetap dibawah cengkeraman Burung Garuda Pancasila” kata Brigjen TNI Afianto.

Sementara itu Dirut Objek Wisata Ketep Pass Mul Budi Santosa mengucapkan terimakasih dengan adanya TMMD Reguler Ke 112 TA 2021 Kodim 0705/Magelang dilaksanakan di desa Ketep dengan sasaran membangun jalan lingkar, sehingga bermanfaat untuk memperlancar transportasi ke objek wisata Ketep Pass.

“Terbangunnya jalan lingkar yang menghubungkan antara Ketep Pass dengan dusun dibawahnya menjadi keuntungan bagi kami karena Ketep Pass disaat Week End kondisi jalan macet dan ini bisa menjadi jalan alternative ketika terjadi kemacetan” Ujar Mul Budi Santosa.

Selain kegiatan peninjauan juga dilaksanakan penyerahan santunan kepada anak yatim piatu yang diserahkan oleh Ketua Persit KCK Koorcab Rem 072 PD IV/Dip Ny. Rina Afianto dan pengurus Persit berupa bingkisan alat sekolah, uang santunan dan sembako.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Kasiren Korem 072/Pmk Letkol Inf Denny Marantika, Kasipers Kasrem 072/Pmk Kolonel Caj Yohanes Yudy Catur P, S.H., M.Si., Kasiter Kasrem 072/Pmk Letkol Inf Gempar Sebayang, Kapenrem 072/Pamungkas Mayor Czi Agus Sriyanta dan Pengurus Persit KCK Koorcab Rem 072 PD IV/Dip.  (rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!