- iklan atas berita -

 

Metro Times (Surabaya) – Kecamatan Asemrowo memiliki tempat Sontoh Laut yang bisa menjadi salah satu Destinasi Wisata Laut di Surabaya. Keindahan Sontoh Laut menjadi alternatif wisata bagi warga Surabaya dan touris domestik maupun mancanegara untuk berwisata di Surabaya.

Camat Asemrowo, Drs. Bambang Udi Ukoro SH, MSi., mengatakan, kita mendapat informasi mengenai riwayat sejarah yang namanya Sontoh Laut. Sontoh Laut diambil dari seseorang yang menjadi leluhur atau orang yang pertama mendiami daerah tersebut. Dan Sontoh itu nama orang tersebut yang dipanggil mbah Sontoh, yang sekarang menjadi leluhur atau nenekmoyang dari warga Greges. Mbah Sontoh itu dikenal sebagai seorang pelaut sehingga daerah itu disebut Sontoh Laut.

Tradisi warga Greges yang merupakan kampung nelan, melaksanakan kegiatan sedekah laut. Kegiatan yang sifatnya pesta rakyat hasil laut, yaitu melarung makanan di laut.

ads

“Mengembangkan potensi dan untuk mengetahui aktifitas rutin yang ada di wilayah Sontoh Laut, maka kami mengumpulkan warga masyarakat yaitu tokoh masyarakat yang tahu sejarah Sontoh Laut, serta RT, RW, LPMK dan tokoh masyarakat yang berkompeten terhadap kawasan kampung nelayan Greges tersebut. Dari situ kami mendapatkan informasi banyak dari pak H. Muhammad Ridwan salah satu tokoh yang dulu mencoba membesarkan atau mengembangkan kawasan Sontoh Laut tersebut,” papar Camat yang serius membuat wisata laut selain Kenjeran.

Kami mendapat masukan dari warga tentang keinginan terhadap pengembangan kawasan yang mempunyai potensi sebagai salah satu destinasi wisata, lanjut Bambang, kami mencoba untuk memfasilitasi dan ingin menggugah warga setempat terhadap kemampuan atau potensi yang dimiliki oleh warga itu sendiri.

“Kami mengajak warga untuk mandiri, artinya warga jangan menunggu bantuan atau menunggu aktivitas program-program pemerintah, tetapi apa yang bisa dilakukan oleh warga setempat tersebut baru kita suport, kita dukung untuk kita kembangkan,” jelasnya.

“Banyak cerita dari warga setempat mengenai keindahan alam, kondisi wilayah, dan warga ingin ekonomi kerakyatan bisa tumbuh. Dan ada usulan dari salah satu tokoh masyarakat untuk membangun Gazebo di kawasan tengah laut. Gazebo di tengah laut ini yang nantinya akan kita kembangkan dalam satu potensi destinasi wisata,” ungkap Bambang antusias.

 

“Di wilayah Sontoh Laut tersebut tidak ada di wilayah lain yaitu ski lot atau kegiatan mencari kerang dengan sepeda kayu yang ada di laut. Salah satu aktivitas yang memang tidak ditemukan di kawasan Kenjeran atau pantai utara Surabaya, karena karakteristiknya Laut yang ada di Kenjeran dengan di Sontoh Laut berbeda,” tutup Bambang. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!