Di Balik Megahnya Masjid Pagergunung, Komitmen Menangkan NUrani Tak Bisa Ditawar Lagi

0
880
Masjid dua lantai di Pagergunung nampak berdiri megah. (Foto dok Agus Riyadi)
- iklan atas berita -

Metro Times Kendal – Dibalik megahnya bangunan masjid di Pagergunung Kecamatan Pageruyung, ada sebuah komitmen dari para pengurus masjid dan jamaahnya untuk memenangkan pasangan NUrani. Sebuah komitmen yang sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi.

Setahun lalu, bangunan tempat beribadah umat muslim di Pagergunung terlihat kecil, lebih mirip mushola, karena tidak cukup menampung warga setempat menunaikan sholat Jumat. Belum lagi di beberapa atapnya bocor saat musim penghujan.

Berbalik dengan kondisi saat ini, kini Masjid Hidayatul Muslimin nampak berdiri megah dengan bangunan dua lantai membelakangi perbukitan Desa Pagergunung.

Rami, bendahara takmir masjid, menceritakan proses pembangunan masjid Hidayatul Muslimin yang sekarang tampak megah itu sempat membuat dirinya dan warga lain putus asa. Pasalnya, setelah hampir setahun mengajukan proposal bantuan ke berbagai pihak, belum kunjung mendapatkan jawaban sesuai yang diharapkan. Selain kondisinya tidak layak, bangunan masjid yang sudah tua dapat membahayakan jamaah.

“Hingga berbulan-bulan sudah menitipkan proposal ke sana kemari, belum ada hasil. Sampai ada dermawan Pak Gatot dan Bu Ani, tiba-tiba mau membantu masjid. Bukan membantu lagi, tapi membuatkan sepenuhnya dari nol sampai jadi semegah seperti sekarang ini. Masjid yang kecil seperti musola itu dibongkar semua kemudian dibangunkan lagi,” kenangnya, saat ditemui usai jamaah sholat maghrib, Selasa (22/9/2020).|

ads

Sosok dermawan yang telah membantu pembangunan masjid itu tidak lain bernama lengkap Yekti Handayani, istri dari Gatot Herlambang, pasangan yang sama-sama menjalankan usaha di bidang pertambangan dan kontraktor.
Saat ditanya apakah dirinya atau rekan takmir masjid masih berkomunikasi dengan dua dermawan tersebut, Rami mengaku belum pernah bertemu lagi dengan keduanya setelah pembangunan masjid selesai. Namun, imbuhnya, dia dan warga masih mengingat kebaikan yang pernah mereka berikan.

“Kami dengar bu Ani maju sebagai calon wakil bupati mendampingi Pak Ustad Ali. Biarpun beliau belum datang ke sini, insya Allah para warga di sini akan memberikan dukungan penuh kepada beliau. Majunya bu Ani adalah momentum bagi warga untuk membalas budi baik yang pernah beliau berikan,” tuturnya.

Senada, Ratmin, anggota takmir masjid, menyatakan siap memberikan dukungan kepada paslon NUrani (Ali Nurudin – Yekti Handayani). Selain sebagai bentuk terima kasih, dukungannya kepada paslon NUrani karena keduanya sebagai putra daerah. Menurutnya di banding calon lain yang berasal dari luar daerah, Ustad Ali dan Ani lebih mengerti kondisi masyarakat Kendal yang kelak akan dipimpinnya.

“Karena bu Ani warga di sekitar sini, kita juga sebagai anak daerah sini, siap mendukung penuh. Kalau ada saudara sendiri yang maju, kenapa kita dukung yang lain,” ujarnya.

Lebih lanjut, pihaknya menampik telah dipolitisasi untuk memberikan dukungan kepada Ani melalui bantuan yang pernah diberikan kepada warga. Baginya bantuan yang diberikan oleh pasangan pengusaha itu murni untuk tujuan sosial. Lagi pula, imbuhnya, peristiwanya sudah terjadi setahun lalu, jauh sebelum yang bersangkutan mencalonkan diri sebagai Cawabup Kendal.

“Warga yang kemarin punya hajat sudah dibantu, sekarang giliran bu Ani yang punya hajat, warga di sini tanpa diminta pun akan mendukung bu Ani. Masalah bantuan Pak Gatot dan Bu Ani ke masjid ini menurut kami murni bantuan tidak dikaitkan dengan dukungan politik di Pilbup,” tegasnya.

Sementara itu, terpisah, Cawabup Ani mengaku tidak ingin mengungkit-ungkit lagi bantuan yang pernah ia berikan. Dikatakan, dia dan suami melakukannya sebagai bentuk tanggung jawab sosial kepada masyarakat atas usaha yang dilakukannya. Ani mengaku menjalaninya atas anjuran dari KH Adib Anas Noor, pengasuh pesantren Wasilatul Huda, Gemuh.

“Hingga kini dawuh beliau itu kami pegang dan kami laksanakan. Alhamdulilah, usaha kami bisa berkembang, kami percaya dengan bersedekah tidak akan membuat kami jatuh miskin, karena Allah maha kaya,” pungkasnya.(Gus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!