Di Peternakan Harga Ayam Anjlok, Rp 8.000 Per Kilogram

1
1825
- iklan atas berita -

 

Metro Times (Kendal) Budiono, Peternak Ayam di Desa Plososari Kecamatan Patean Kabupaten Kendal Jawa Tengah mengaku anjloknya harga ayam pedaging di beberapa wilayah Jawa tengah juga dirasakan oleh para peternak di Kabupaten Kendal.

“Ayam pedaging saat di dalam pertenakan dihargai dengan harga 8000 tiap kilogramnya,” ucapnya, jumat (28/8).

Penurunan harga ayam di peternakan dirasakan mengalami penurunan drastis terjadi sejak selesainya liburan hari raya Idul Fitrih.

Dikatakan, saat lebaran harga masih cukup normal sekitar 18 ribu sampai 20 ribu rupiah kilogramnya dari kandang, namun dengan harga 8 ribu para peternak siap-siap untuk gulung tikar.

ads

“Turun drastis setiap kilogramnya harga menjadi 8ribu rupiah itu tidak dapat menutup balik modal yang dikeluarkan oleh para peternak untuk beternak ayam dan biaya produksi lainnya,” terang Budiono.

Budiono juga menjelaskan, BEP (Break Event Point) sekitar 17-18 ribu, sedangkan untuk harga DOC (Ayam anakan) yang dipakai per ekor harganya 7 sampai 8 ribu rupiah, harga tersebut terlihat jauh sekali dan apabila dijual dengan harga tersebut jelas peternak rugi dan bisa gulung tikar.

“Saya berharap agar pemerintah dapat memberikan kebijakan agar harga ayam kembali normal, karena jika dibiarkan maka akan banyak para peternak ayam yang bangkrut,” harapnya.

Budiono menambahkan, untuk menstabilkan harga ayam di peternakan, berbagai aksi bagi-bagi ayam gratis di beberapa daerah sudah dilakukan oleh para peternak, namun hal itu pun belum juga bisa membuat harga kembali stabil.

Terlihat, kondisi berbeda antara di peternakan dan di pasar pada harga jual daging ayam.

“Sampai saat ini di Pasar Kendal harga ayam pedaging masih dalam harga yang masih normal meski mengalami sedikit penurunan,” kata Subaedi, Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kendal.

Subaedi mengatakan, harga daging ayam mengalami penurunan menjadi sekitar 30 ribu tiap kilogramnya dari harga sebelumnya dikisaran 34 ribu tiap kilogramnya.(Gus)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!