Didukung Pemda Kendal, 50 Hektar Lahan Disiapkan untuk Pengembangan Kelapa Kopyor Genjah

0
464
Sekda Kendal Muh Toha secara simbolik melakukan penanaman kelapa kopyor super genjah, rabu(23/12)
- iklan atas berita -

Metro Times Kendal – Kelapa jenis kopyor super genjah yang memiliki nilai jual tinggi dan memiliki potensi sebagai agro wisata segera dikembangkan di Kabupaten Kendal.

 

Setidaknya 50 hektar lahan telah disiapkan untuk pengembangan kelapa kopyor super genjah.

 

Puluhan hektar lahan yang disiapkan untuk pengembangan kelapa kopyor super genjah diantaranya berada di daerah Kendal atas, lahan pertanian yang tergenang rob dan area lahan tambak di wilayah pantai Kendal.

ads

 

Demikian kata Solichoel Soekaemi Ketua Kopageminusa Kendal dalam Forum Expose Kopyor untuk melakukan pengembangan Destinasi Agro berbasis produk Kopyor Super Genjah (Kosuge), di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal, Rabu (23/12/2020).

 

Dia juga mengatakan, jika program berjalan lancar dalam waktu kurun waktu 3 tahun kedepan Kendal dapat menghasilkan kelapa kopyor kultur jaringan.

 

“Kita sudah perhitungkan selama 3 tahun kedepan kendal sudah bisa membuat kelapa kopyor kultur jaringan, dengan harapan bisa menjadi produk baru di Kendal dan membuat citra baru yang berbasis produk kopyor,” jelas Solichoel Soekaemi.

 

Dalam perhitungan panen Kelapa Kopyor dapat dilakukan dibulan ke sebelas setidaknya dalam perhitungan tersebut dan pemanfaatan lahan yang tersedia dengan metode perhitungan tanam, panen kelapa kopyor kultur jaringan dapat dilakukan selama dua minggu sekali.

 

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kendal Moh Toha mengatakan jika pemerintah akan mendukung mengingat produk kelapa kopyor di dbeberapa daerah sudah ada namun masih belum maksimal, selebihnya manfaat pohon ini juga memberikan dampak positif pada tanah yang ditanami.

 

“Dengan beberapa program kerja sama yang diberikan, kita di pemerintahan tentu mendukung penuh mengingat potensi yang ada cukup baik, kuatnya tanaman jenis ini bisa kita letakan di lahan – lahan kritis baik di pesisir maupun pegunungan yang memiliki lahan padas,” jelas Moh toha.

 

Apabila Destinasi Agro Wisata dengan produk Kelapa Kopyor berhasil dikembangkan, Selain sektor wisata yang berkembang hasil panen dari Kelapa tersebut dapat memberikan dampak besar terutama sektor perekonomian.(Gus)

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!