Dies Natalis, Pramuka Unsiq Gelar Seminar Keprotokolan

0
1349
- iklan atas berita -

 

Metro Times (Wonosobo) Dalam rangka Dies Natalis ke-30 tahun, Unit Kegiatan Khusus Racana Jogonegoro Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo mengadakan Seminar Keprotokolan dengan tema “Menelisik Tugas Protokoler Kunjungan Tamu Negara” di Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Minggu (20/10/2019).

Kegiatan seminar keprotokolan ini  dan diikuti oleh ratusan peserta yang datang dari berbagai daerah bahkan ada yang dari Surabaya. Pada kegiatan ini panitia mendatangkan narasumber Hasan yang merupakan seorang Profesional Protokol.

Wakil Rektor III Universitas Sains Al-Qur’an, Drs. Samsul Munir Amin., M.A mengatakan, bahwa ilmu keprotokolan merupakan suatu hal yang sangat penting, sebuah hal yang kecil saja pasti memerlukan ilmu agar dapat terlaksana dengan baik.

“Seminar yang diadakan oleh Racana Jogonegoro ini merupakan sebuah hal yang baik dimana dalam ilmu keprotokolan mengajarkan kita bagaimana cara mempersiapkan sebuah acara, menyambut tamu negara dari luar negri bahkan menyambut presiden sekalipun sesuai dengan standar dan prosedur keprotokolan,” tutur beliau dalam sambutannya.

ads

Sementara itu, Hasan sebagai narasumber yang merupakan Profesional Protokoler, dalam kesempatan tersebut, sharing pengalamannya saat menjadi protokol tamu negara di Istana Wakil Presiden RI dan berbagai pengalaman saat mendampingi tamu luar negeri lainya. Protokoler merupakan bagian penting untuk mampu mengelola acara dengan baik agar tercipta suasana yang lancar dan khidmat.

“Seorang protokol harus bisa berkomunikasi lintas bagian dengan baik, karena dia harus bisa menjadi media penghubung jalanya suatu acara,” tutur Hasan.

Ia menjelaskan, bahwasanya kunci menjadi protokoler itu harus mempunyai 3 prinsip yaitu, Komunikasi, Koordinasi, dan Kolaborasi.

“Persiapan yang matang serta koordinasi dan kolaborasi antar lini, merupakan hal penting yang harus dilaksanakan sehingga acara demi acara bisa terlaksana dengan Baik, serta seorang protokol harus cepat, tanggap, cekatan, luwes serta mempunyai Feeling yang kuat dalam melaksanakan tugasnya,” imbuhnya.

Acara yang dibuka Wakil Rektor III Drs. Samsul Munir Amin,. M.A, ditutup dengan tukar cinderamata dan Photo bersama.(Gus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!