Dukung Tino-Mustamsikin, Kyai Danial Mengaku Direstui Ketua PBNU

0
1412
- iklan atas berita -

Metro Times Kendal – Ketua Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kendal, KH Danial Royyan mengaku telah berkomunikasi dengan Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj dalam mendukung pasangan Tino-Mustamsikin dipilkada Kendal.

Hal itu disampaikan Kyai Danial diacara silaturahim dengan Forum Kyai Kampung di kediamannya Desa Taman Gede Kecamatan Gemuh, kamis (10/9/2020).

“Kamis malam jumat saya komunikasikan dengan Profesor Dr KH Said Aqil Siradj. Beliau menanyakan, Kyai danial sehat. Saya jawab, Alhamdulillah sehat,” kata Kyai Danial.

Setelah itu, lanjut Kyai Danial, Ketua PBNU menanyakan bagaimana sikap NU dipilkada.

Kyai Danial mengaku bahwa dalam percakapan telepon tersebut menceritakan dari awal hingga akhir dimana dirinya mengarang koalisi antara PDIP, PKB dan PPP.

ads

“Dari awal sampai akhir saya ceritakan dan tiba di masanya ada satu partai yang lepas,” tuturnya.

“Melepaskan diri dari rombongan. Ya monggo, namanya saja aspirasi politik,” imbuhnya.

Dikatakan, dinamika politik tersebut dilaporkan kepada Kyai Said dengan menegaskan jika dirinya tetap memegang khitah Nahdliyah, khitah politik NU tidak akan dilanggar sedikitpun.

“Saya kaget ketika Kyai Said jawab, ya sudah itu tidak apa-apa dan betul,” ungkapnya.

Dia mengaku heran jika sekelas PBNU saja sudah membenarkan sikapnya, namun kenapa anak-anak kecil malah mempermasalahkannya.

Dalam kesempatan itu, Kyai Danial mengajak kepada Forum Kyai Kampung untuk mendukung pasangan Tino-Mustamsikin dipilkada Kendal. Selain itu, dia juga meminta kepada Forum Kyai Kampung setelah acara selesai dan pulang ke rumah agar merekrut, mengajak dan mendulang suara sebanyak-banyaknya untuk kemenangan TIM (pasangan Tino-Mustamsikin).

Forum Kyai Kampung sendiri merupakan sebuah forum berkumpulnya kyai dari Nahdlatul Ulama sekabupaten Kendal.

Dengan diketuai Kyai Maskur Amin, diacara itu, Forum Kyai Kampung mendeklarasikan diri mendukung pasangan Tino-Mustamsikin dipilkada Kendal. Selain itu, dalam deklarasinya, Forum Kyai Kampung juga siap mengawal proses demokrasi yang jujur, damai, bebas caci maki dan hoax.

Sementara Tino Indra Wardono mengatakan, sebagai wakil ketua Ansor Jawa Tengah merasa didukung keluarga sendiri dari kalangan Nahdiyin.

“Sejak awal untuk mendapatkan rekomendasi kita sudah sepakat untuk berpasangan dengan Mustamsikin dan tidak berubah. Ini tidak lepas dari doa para kyai, pasangan ini berjalan dengan baik,” katanya singkat.

Sedangkan Ketua DPC PPP Kendal yang juga bakal calon wakil bupati Kendal, KH Mustamsikin menuturkan, secara politik kyai NU tidak boleh melakukan politik praktis. Namun untuk mewadahi aspirasi dan suara politik perlu dibentuk forum yang dapat memberikan dukungan dan menyalurkan politiknya.

“InsyaAllah dukungan dari kyai kampung sepakat mendukung pasangan Tino-Mustamsikin. Sedangkan terkait dukungan dari Forum Ukuwah Silaturahim Pendidikan Al Quran atau Fuspaq sudah pasti tetapi kalau ada yang tidak searah itu wajar-wajar saja,” tegas Mustamsikin yang juga Ketua Fuspaq Kendal.

Kegiatan silaturahmi kyai kampung kendal ini dihadiri sejumlah kyai dari berbagai wilayah di Kendal dan pengurus Fuspaq Kabupaten Kendal. Kegiatan diisi dengan tahlil dan doa bersama serta menyatukan visi untuk memenangkan pasangan Tino-Mustamsikin yang akan maju dalam bursa Pilkada Kendal 2020.(Gus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!