Griya Sehat Kendal, Layanan Kesehatan Tradisional Pertama di Indonesia Diresmikan

0
1414
Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional, dr Wendra Waworuntu didampingi Wakil Bupati Kendal Masrur Maskur meresmikan Griya Sehat di Jalan Soekarno Hatta no 176 Kendal, selasa (1/12/2020)
- iklan atas berita -

Metro Times Kendal – Griya Sehat Kendal, sebuah klinik yang memberikan pelayanan kesehatan tradisional dan pertama kali berdiri di Indonesia diresmikan.

Peresmian Klinik Griya Sehat sebuah Klinik Saintifikasi Jamu dan Klinik Pengobatan Akibat Dampak Asap Rokok, yang berdiri di Jalan Soekarno Hatta No.176 Kendal, dilakukan oleh Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional Kementerian Kesehatan dr Wendra Waworuntu, rabu (1/12/2020).

Wakil Bupati Kendal, Masrur Maskur menyampaikan, didirikannya Griya Sehat merupakan sebuah upaya untuk mengangkat budaya tradisional melalui sebuah pengobatan agar bisa terpelihara. Di Griya Sehat juga berdiri sebuah Cafe Griya Sehat yang banyak menyajikan produk-produk tradisional yang berasal dari empon-empon.

“Selama ini banyak masyarakat yang mengkonsumsi minuman berbahan kimia saja. Dari sinilah muncul keinginan untuk mengembangkan minuman tradisional,” kata Masrur.

Dikatakan, di Griya Sehat Kendal juga melayani pengobatan tradisional seperti akupunktur dan Akupressur. “Griya Sehat ini nantinya akan kita besarkan lebih besar lagi,” ungkapnya.

ads

Ditambahkan, Cafe Griya Sehat yang berdiri disamping kiri gedung Griya Sehat, nantinya akan buka seperti umumnya sebuah cafe, namun yang membedakan adalah di Cafe Griya Sehat menyajikan berbagai minuman tradisional.

Cafe Jamu Griya Sehat memiliki menu Wedang Uwuh, Temulawak, JKJ (Jahe, Kencur, Jeruk) Secang, Rosella, Telang Srigading, Manjakani, Purwoceng Pasak Bumi dan Tamarin Palm Sugar.

Sementara itu, Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional Kementerian Kesehatan dr Wendra Waworuntu mengatakan, mengatakan, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan mempunyai tugas untuk melaksanakan program pembinaan terhadap pelayanan kesehatan tradisional.

“Hal ini bertujuan agar pelayanan kesehatan tradisional dapat diselenggarakan dengan penuh tanggung jawab terhadap manfaat, keamanan, dan juga mutu pelayanannya. Sehingga masyarakat terlindungi dalam memilih jenis pelayanan kesehatan tradisional yang sesuai dengan kebutuhannya,” terangnya.

Ditegaskan Wendra, Griya Sehat Kabupaten Kendal ini adalah yang pertama di Indonesia. Diresmikannya Griya Sehat sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan tradisional dari sehat menjadi lebih sehat, dan sudah ada dalam peraturan Permenkes No 15 tahun 2017.

“Ini salah satu model, karena Permenkesnya juga baru, maka peraturan model pelayanan kesehatan tradisional harus kita kembangkan dan disosialisasikan. Dan ke depannya, Kemenkes diminta oleh Kementerian lain membuat seperti ini. Cara hidup sehat dengan preventif tradisional itu mudah dilakukan,” katanya.

Menurutnya, Griya Sehat ini adalah pelayanan kesehatan yang diberikan kepada orang yang sehat atau sakit ringan. Tujuannya agar lebih sehat lagi.

“Dengan ramuan jamu, akupunktur, akupressur dan bisa ditingkatkan menjadi Spa. Jadi yang datang ke Griya Sehat ini, adalah orang yang sakitnya ringan, dengan diberikan ramuan jamu secara tradisional untuk meningkatkan stamina tubuh,” imbuhnya.

Pada masa pandemi ini, Wendra pun mengingatkan agar para pengunjung Griya Sehat tetap mematuhi protokol kesehatan. Hal itu dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19 terutama di Kabupaten Kendal.(Gus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!