Gus Basyar Terangkan Tiga Cara Allah Turunkan Rezeki

0
1158
Gus Basyar saat memberikan tausiyah dalam helatan sedekah 99 anak yatim yang digelar NNH dan CDK.
- iklan atas berita -

 

Metro Times (Kendal) KH Basyarahman selaku pengasuh Komunitas Ngaji Ngopi Hepi (NNH) menerangkan tiga cara Allah dalam menurunkan rezeki.

Tiga cara Allah dalam menurunkan rezeki diterangkan KH Basyarahman yang akrab disapa Gus Basyar saat memberikan tausiyah dalam aksi sosial pemberian santuan kepada 99 anak yatim bersama Yayasan Cinta Duhafa Kendal (CDK).

Kegiatan yang dikemas dalam pengajian itu merupakan wujud mengagungkan bulan Muharram, dimana umat Islam (muslim) dianjurkan untuk bersedekah.

ads

Menurut Gus Basyar, jika seseorang memiliki kelebihan rezeki itu merupakan anugerah yang mengalir karena kasih sayang Allah.

“Allah itu menurunkan rezeki ada beberapa cara, maka setiap orang berbeda-beda memperolehnya,” kata Gus Basyar.

Yang pertama, yakni rezeki yang rezeki yang telah dijamin. Seperti udara yang dihirup, air, sinar matahari, bumi dan sebagainya yang telah disediakan Allah. Selain itu umur dan sebagainya.

“Firman Allah, tidak ada satu makhluk melatapun yang bergerak di atas bumi ini yang tidak dijamin Allah rezekinya (QS Hud : 6),” katanya.

Kedua rezeki karena usaha. Yakni rezeki yang dihasilkan karena usaha manusia itu sendiri. Seperti usaha pekerjaan, berdagang, bisnis dan sebagainya.

“Tidaklah manusia mendapatkan apa-apa kecuali apa yang dikerjakannya (QS An-Najm: 39).

Ketiga, yakni rezeki karena bersyukur. Yakni rezeki yang Allah turunkan karena manusia yang pandai bersyukur atas rezeki yang diperolehnya. Makanya, sebagai seorang hamba umat Muslim wajib bersyukur.

Bersyukur baik dalam lisan maupun tindakan. Yakni dengan berbagi rezeki kepada mereka yang kurang mampu. Sesungguhnya siapa yang bersyukur pasti akan Kami tambah nikmat (rezeki) kepadamu (QS Ibrahim: 7).

“Maka orang tidak ada orang yang banyak bersedekah akan miskin. Tetapi sebaliknya, mereka yang rajin menyantuni anak yatim hidupnya bahagia dan hartanya bertambah,” tuturnya.

Hal itu karena sedekah adalah ibadah yang paling disukai Allah dari hambanya. Dengan bersedekah, maka Allah membukakan 1000 pintu rezeki dan kemudahan dalam hidupnya.

“Dengan bersedekah, maka banyak yang mendoakan, dari orang yang menerima sedekah maupun malaikat Allah. Karena mereka memulyakan anak yatim dan kaum duhafa,” jelasnya.

Ada juga rezeki yang Allah berikan karena tingkat ketakwaan, karena bertaubat dan rezeki karena pernikahan.

“Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak dari hamba sahayamu baik laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, maka ALLAH akan memberikan kecukupan kepada mereka dengan kurnia-Nya,” pungkasnya. ( Gus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!