- iklan atas berita -

Metro Times (Natuna) Kerajinan anyaman rotan asal Desa Cemaga Selatan Kecamatan Bunguran Selatan Kabupaten Natuna, di rintis semenjak tahun 2004. Awal mulanya, kerajinan ini berbentuk kelompok, namun dengan berkembangnya zaman, saat ini kerajinan ini berbentuk kelompok-kelompok.

Salah satu kelompok, Siti Aminah (55) warga Dusun II Rt 01 Rw 02 Desa Cemaga Selatan Kecamatan Bunguran Selatan, di depan Babinsa Desa Cemaga Selatan dari Koramil 01/Ranai Kodim 0318/Natuna menuturkan dan Kadus II Stengar menuturkan, kerajian-kerajinan rotan di desanya sudah ada semenjak tahun 2004. Pada waktu itu, kerajinan ini bertumbuh pesat, dan seiring dengan berjalannya waktu, usaha kerajinan ini turun drastis ke titik nol, Rabu (3/3).

“Boleh dikatakan, saat ini usaha kami sampai ke titik Nol, sehingga kami untuk memasarkan produk sangat sulit. Dan bisa dikatakan, saat ini boleh dikatakan untuk pemasaran masih banyak terkendala,” terang Siti Aminah.

Namun menurut Ibu Rumah Tangga ini (Siti Aminah), saat ini peran dari Camat dan Isteri serta Desa sangat membantu dalam segi pemasarannya.

“Ibu Camat sering membeli hasil karya kami untuk dibawa keluar Natuna. Alhamdulillah bisa menambah penghasilan demi mencukupi kebutuhan keluarga lebih-lebih saat masa-masa sulit saat ini,” tambahnya.

ads

Menurut Ibu berumur 55 tahun ini, dirinya saat ini mengeluh dengan pemasarannya. Ia berharap agar pihak pemerintah bisa membantu dalam segi pemasarannya.

“Kami berharap kepada yang berkompeten di bidangnya bisa memasarkan produk kami, lebih-lebih Natuna akan menjadi Ikon Wisata Nasional,” harap Siti Aminah.

Ditambahkan oleh Kadus II Stengar, Suprianto, dirinya tidak menampik atas kendala para perajin rotan atas pemasarannya hasil produknya.

“Hasil produksi kami telah siap, namun saat ini sangat sulit segi pemasannya. Kami berharap semoga nantinya hasil karya perajin bisa kita pasarkan di luar Natuna,” ujar Kadus.

Sementara Babinsa Desa Cemaga Selatan, Serda Kurnia Irwan yang saat ini bersilaturahmi di kediaman Siti Aminah mengatakan, pihak Koramil dan Kodim Natuna sangat mendukung atas hasil karya kreatifitas perajin rotan.

“Sebagai terwujudnya kemanunggalan TNI dengan rakyat sesuai dengan apa yang selalu menjadi jembatan solusi permasalahan dan sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa binaan,” jelas Babinsa.

Dijelaskan oleh Babinsa, pihak Kodim Natuna selalu mendukung segala kreatifitas positif warga masyarakat. Maka dari itu, seperti pada kali ini pihaknya melakukan silaturahmi guna menjalin tali silaturahmi dan mencari segala keluh kesah yang ada di masyarakat bawah. (rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!