- iklan atas berita -

Metro Times (Surabaya) – Sedikitnya seratus prajurit Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) menjadi bagian dari 11.109 orang yang membersihkan sampah di kaki jembatan Suramadu sisi Surabaya dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Sabtu (24/2) pagi.

Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Danlantamal V Kolondl Laut (P) Atmu Edi, Kepala Dinas Potensi Maritim Lantamal V, Letkol Laut (P) Didik Dwijiantoko dan Palaksa Denma Lantamal V Mayor Laut (P) Bambang Hartono terjun langsung bersama prajurit Lantamal V lainnya membersihkan pantai Kenjeran di kaki Jembatan Suramadu tersebut.

Beranih bersih sampah dalam HPSN ini, dibagi dalam 3 zonasi yang dimulai dari pukuk 06.00 – 09.00 wib. HPSN sendiri sebetulnya jatuh pada setiap tanggal 21 februari. Untuk menindaklanjuti HPSN kali ini, Pemerintah menggalakkan program Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS) dengan Tema “Sayangi Bumi”, Bersihkan dari Sampah!”.

Walikota Surabaya Tri Rismaharini tampak hadir pula pada kegiatan tersebut. Menurut Aspotmar Danlantamal V, menurut informasi bahwa kegiatan ini diikuti sekitar 11.109 orang termasuk dari Lantamal V, seluruh jajaran organisasi perangkat daerah (OPD), Faskel, PDAM, BNI, Bank Jatim, Korem, dan beberapa Sekolah di Surabaya. Terbanyak adalah siswa SMP dan SD se Surabaya.

ads

Di kaki Jembatan Suramadu ini, peserta melakukan bersih-bersih sampah secara bersama. Sasarannya adalah sampah yang ada di pantai bawah jembatan. Biasanya sampah itu terdampar dipantai ketika air laut surut.

“Nanti sampah-sampah itu akan kita pilah dan akan kita serahkan ke Bank Sampah untuk diolah kembali,” tuturnya.

Rencananya ada tujuh truk sampah yang disiapkan untuk mengangkut sampah yang terkumpul dari aksi bersih bersih sampah ini. Truk truk ini akan mobiling menuju bak sampah atau TPA.

Untuk kegiatan ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya telah melaksanakan serangkaian kegiatan sosialisasi dan kampanye bersih dari sampah di beberapa lokasi, yaitu JL. Darmo (Taman Bungkul), Car Free day JL. Tunjungan, Kawasan JL Dharmawangsa, Sekitaran Masjid Al-Akbar Surabaya, Sekitaran Monumen Tugu Pahlawan serta Sekolah negeri dan swasta di Kecamatan Semampir dan akan dilanjutkan kembali ke area pasar, taman, dan tempat wisata.

Serangkaian kegiatan Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS) ini, dijadwalkan dimulai dari tanggal 15 januari hingga 24 maret 2017.

Menurut data DKRTH Kota Surabaya, sampah di Kota Surabaya setiap harinya berkisar 9.896,78 m3/hari. Sedangkan, sampah yang diolah TPA Benowo rata-rata 1.628,20 ton/hari, untuk penanganan sampah di rumah kompos, 3R (pemilahan sampah di TPS) rata-rata 1.564,31 m3/hari. Sehingga penanganan sampah di Kota Surabaya sudah mencapai 70%.

Disamping itu, pengurangan sampah yang dilakukan oleh masyarakat, bank sampah dan pengurangan sampah disumber non rumah tangga rata-rata 2.458,19 m3/hari, sehingga pengurangan sampah di Surabaya mencapai 24,84%.

“Dengan kegiatan HPSN ini, diharapkan informasi dan pendidikan untuk bijak terhadap sampah dan pengelolaannya bisa diterapkan masyarakat Surabaya, sehingga kota yang kita cintai ini bisa bersih dari sampah bahkan mendapat manfaat besar dari cara pengelolaan sampah,” pungkasnya.(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!