- iklan atas berita -

 

Metro Times Kendal – Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2021 yang mengangkat tema Santri Siaga Jiwa dan Raga merupakan sebuah momentum untuk lebih dekat antara Polisi dan Ulama dan Santri. Polisi dan santri harus lebih bersinergi, berjuang bersama agar segera keluar dari pandemi covid-19.

 

Demikian disampaikan Kasat Binmas Polres Kendal AKP Abdullah Umar usai menghadiri upacara peringatan HSN di Pondok Pesantren Sabilurrosyat Desa Bojonggede, Kecamatan Ngampel, Kabupaten Kendal, Jumat (22/10/2021).

 

ads

“Ini momentum yang sangat baik untuk berjuang bersama keluar dari pandemi yang banyak meluluhlantakkan banyak sektor,” kata Abdullah Umar.

 

Umar mengungkapkan, pemilihan tanggal 22 Oktober sebagai perayaan Hari Santri Nasional didasarkan pada tanggal ketika K.H. Hasyim Asy’ari menyerukan ajakan jihad, yang kemudian disebut sebagai Resolusi Jihad, untuk melawan tentara sekutu pada 22 Oktober 1945. “Dengan peringatan Hari Santri Nasional menjadi upaya untuk merawat ingatan dan semangat dari Revolusi Jihad para santri agar selalu diingat. Selama periode memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia, santri telah mengambil porsi perjuangan yang besar,” ujarnya.

 

Mengaca hal ini, santri harus digandeng untuk diajak berjuang bersama melawan ganasnya virus corona dengan menjadikan santri sebagai pelopor penerapan protokol kesehatan bagi masyarakat.

 

Sementara itu, Bupati Kendal Dico M Ganinduto usai memimpin upacara peringatan HSN berpesan kepada para santri agar lebih baik dan handal lagi, baik meningkatkan kapasitas maupun sumber daya manusianya, dengan harapan santri lebih berkreasi.

 

“Saya meyakini bahwa kedepan santri akan menjadi garis terdepan untuk kemajuan Kabupaten Kendal, terutama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kendal. Saya juga berharap agar santri di Kabupaten Kendal dapat menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan menjaga kondusivitas wilayah, serta dapat membantu pemerintah dalam Penanganan virus Covid-19 di Kabupaten Kendal,” tuturnya.

 

Pemerintah Kabupaten Kendal juga terus memberikan dukungan terhadap para santri, yaitu pada peringatan HSN tahun 2021 ini telah menggelar berbagai kegiatan lomba, salah satunya lomba One Pondok One Product.

 

“Adanya lomba One Pondok One Product ini akan ditindaklanti menjadi program unggulan bagi pondok pesantren di Kabupaten Kendal dengan harapan dapat meningkatkan ekonomi para santri,” terang Bupati Dico.

 

Selanjutnya Bupati Kendal beserta rombongan melakukan ziarah ke makam Wali Gembyang Kendal, makam Kiai Guru Kaliwungu, dan makam Sunan Abinawa Pekuncen Kecamatan Pegandon, sekaligus melaksanakan sholat Jumat di Masjid Desa Pekuncen.(ar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!