- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Perusahaan Umum Daerah ( Perumda ) Air Minum atau PDAM Tirta Perwitasari kini memiliki logo baru yang menjadi representasi semangat dan kesungguhan PDAM dalam mencukupi kebutuhan air masyarakat. Logo baru itu diresmikan bersamaan dengan acara Tasyakuran HUT ke-47 PDAM Tirta Perwitasari di kantor setempat, Senin (13/12).

Peluncuran logo secara simbolis dilakukan oleh Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti SH, didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan Drs Boedhi Hardjono, dan Direktur PDAM Tirta Perwitasari, Hermawan Wahyu Utomo ST MSi. Hadir jajaran Dewan Pengawas PDAM , Forkopimcam setempat, serta unsur terkait lainya.

Hermawan Wahyu Utomo menyebut, penyesuaian nama PDAM menjadi Perumda Air Minum merujuk pada regulasi yang ada. Sementara penggantian logo dilakukan untuk menyelaraskan ikon dengan sejarah dan semangat PDAM.

Pada logo yang baru ini, lanjutnya, PDAM menggunakan branding berupa kepala tokoh pewayangan Bima yang di bawahnya dilengkapi dengan tulisan PDAM Tirta Perwitasari Kabupaten Purworejo. Hal itu karena nama Tirta Perwitasari diambil dari kisah Mahabarata, yakni kesungguhan dan keberanian Bima untuk menemukan air suci yang dikenal dengan Dewa Ruci.

ads

Adanya logo baru ini diharapkan mampu menyemangati PDAM untuk terus berkomitmen, berani, dan bersungguh-sungguh dalam mencari air bersih.

“Sehingga air bersih bisa berlimpah dan mampu mencukupi kebutuhan masyarakat Purworejo. Nama PDAM tetap dicantumkan, meskipun akhir-akhir ini telah dikenal dengan Perum Umum Air Minum. Pencantuman nama PDAM karena era 90-an cukup familier PDAM, sebelumnya lebih dikenal dengan PAM dan masa kolonial dengan sebutan Ledeng, semua kami akomodir sebagai brand strategi pemasaran” sebutnya.

Diungkapkan, HUT ke-47 tahun ini menjadi momentum ajang introspeksi sekaligus motivasi atas semua pencapaian yang telah ditorehkan oleh PDAM Tirta Perwitasari. Menurutnya, semua pencapaian ini merupakan hasil usaha dari semua pihak.

“Termasuk kontribusi dari arahan Bupati dan Wakil Bupati serta dewan pengawas dalam memberikan bimbingan,”ungkapnya.

Dijelaskan, PDAM Tirta Perwitasari kembali mendapatkan penghargaan Top BUMD Awards Bintang 4 tahun 2021. Penghargaan ini menjadi trible winner atau yang ketiga kalinya secara berturut turut.

“Kami memaknai Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan dan apresiasi kepada PDAM Tirta Perwitasari atas kinerja yang telah dilakukan selama ini berupa pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.

Ke depan, lanjutnya, PDAM Tirta Perwitasari masih mempunyai pekerjaan rumah dan target besar yang menjadi tujuan, di antaranya untuk terus memberikan pelayanan yang lebih baik. Produksi air bersih juga dituntut untuk ditingkatkan guna menyuplai kebutuhan masyarakat, sekaligus bandara YIA.

“Kami juga bertekad untuk perluasan saluran ke wilayah Purwodadi, Ngombol dan Grabag,” tandasnya.

Sementara itu, Wabup Yuli Hastuti saat membacakan sambutan tertulis Bupati Purworejo berharap, dengan bertambahnya usia, PDAM Tirta Perwitasari akan semakin maju dan berkembang dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. PDAM Tirta Perwitasari diharapkan juga dapat terus memberikan kontribusi bagi pendapatan asli daerah. Dalam kesempatan itu juga Wabup mengucapkan selamat atas dilaunchingnya logo baru PDAM Tirta Perwitasari.

“Salah satu perubahan logo yang paling menonjol adalah adanya kepala tokoh pewayangan Bima, yang melambangkan keberanian, kejujuran, dan komitmen. Semoga dengan adanya logo baru, nilai-nilai tersebut benar-benar termanifestasikan dalam budaya perusahaan,” ungkapnya.

Wabup menekankan bahwa PDAM merupakan institusi bisnis, bukan sekadar penyedia air yang sifatnya sosial. Pasalnya, untuk dapat menyalurkan air ke masyarakat, PDAM memerlukan investasi yang besar guna menyediakan infrastruktur yang dibutuhkan.

Guna menyeimbangkan antara pengeluaran dan pendapatan, diperlukan rencana bisnis yang bisa menghasilkan profit. Dalam upaya ekspansi dalam penyediaan air, PDAM bisa bersinergi dengan BUMD perbankan sebagai investasi.

“Saya merasa cukup bangga dengan capaian dan prestasi yang selama ini berhasil diraih oleh PDAM Tirta Perwitasari dibawah kepemimpinan Saudara Hermawan Wahyu Utomo ST MSi yang beberapa kali meraih penghargaan tingkat nasional. Diharapkan ke depan akan mampu menggapai visi menjadi Perumda Air Minum yang profesional, mandiri menuju terwujudnya pelayanan yang prima,” tegasnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!