- iklan atas berita -
Pelantikan 89 calon advokat dilantik oleh organisasi profesi Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) di Hotel Pandanaran, Semarang.

Metro Times (Semarang) Sebanyak 89 calon advokat dilantik oleh organisasi profesi Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) Provinsi Jawa Tengah. Dari jumlah itu ada 70 advokat yang sudah resmi diambil sumpah atau janji oleh Pengadilan Tinggi (PT) Jawa Tengah.

Menariknya salah satu diantaranya adalah Bambang Eko Purnomo, yang merupakan anggota DPRD Jawa Tengah dan Mantan Kepala Sub Bidang Pemilu, Pendidikan dan Budaya Politik,  Badan Kesbangpol Jawa Tengah Sumanto, serta sejumlah pensiunan Polri dan aktifis, serta sejumlah pengusaha dan alumni sejumlah perguruan tinggi.

Ketua Ikadin Jateng, HM Rangkey Margana, mengaku organisasi advokat memang banyak bertebaran dimana-mana. Namun menurutnya, nantinya apabila sudah dilakukan verifikasi seperti partai politik, maka akan jelas, mana-mana organisasi advokat yang kredibel. Ia sendiri merasa bangga di Ikadin karena memiliki cabang di setiap daerah.

“Jadi nanti kalau tidak lolos harus di merger dengan organisasi advokat lainnya, tapi verifikasi itu memang masih wacana. Yang jelas setelah di lantik ini kita semua akan menjadi rekan sejawat,”kata HM Rangkey Margana, dalam rilisnya, Rabu (7/4/2021).

Ia juga memastikan, apabila di luaran sana ada ditemukan advokat nakal, nantinya akan disidang etik. Untuk itu ia meminta pesan dari DPP Ikadin agar dijalankan dan ditaati.

ads

“Kalau salah ya diperiksa, tapi juga akan kami berikan reward yang berprestasi,’pesannya.

Menurutnya, profesi advokat adalah profesi yang mulia dan terhormat atau officium nobile. Sehingga dalam menjalankan profesi selaku penegak hukum di pengadilan sejajar dengan jaksa dan hakim, yang dalam melaksanakan profesinya berada dibawah perlindungan hukum, undang-undang dan kode etik advokat. Ia juga mengigatkan agar terus menjaga protokol kesehatan selama pandemi covid-19, karena sudah banyak memakan korban. Baik itu jaksa, hakim, polisi dan masyarakat biasa.

“Termasuk anggota kita ada delapan meninggal. Awalnya reaktif, salah satunya Sekretaris Ikadin Jateng (Sutan M Rofyan) maka kita patut berduka dan tetap jaga kesehatan,”ungkapnya.

Wakil Ketua Umum DPP IKADIN Susi Lestari, meminta semua advokat yang baru dilantik dan dikukuhkan agar selalu menegakkan keadilan, kemudian menjaga marwah profesi advokat, serta menjaga kode etik yang baik dan benar. Ia juga meminta mereka agar selalu menghormati rekan sejawat sesama advokat. Menurutnya sesama advokat semuanya menyatu dalam satu profesi sehingga kekompakan harus kuat.

“Advokat-advokat Ikadin adalah advokat tangguh, dan berkesinambungan dalam belajar. Anggota Ikadin juga harus memiliki integritas dan mampu menjaga marwah advokat secara profesional,”pesannya.

Ia juga berpesan agar nantinya ada regenerasi kepengurusan, serta kedepan mampu mengembangkan cabang-cabang di Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah. Dalam pelantikan itu Surat Keputusan (SK) dibacakan oleh advokat Wisnu Adi Wardana, kemudian saat prosesi pelantikan para advokat baru diminta memberi hormat kepada sangsaka merah putih dan pataka Ikadin.

“Ikadin itu sudah berkiprah di dunia nasional dan internasional. Kami juga ingatkan jadi advokat jangan melakukan pemerasan,”tandasnya. (af).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!