- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Anggota Komisi X DPR RI, Ir H Bambang Sutrisno menitipkan bantuan berupa buku-buku untuk dikirimkan ke Papua melalui prajurit TNI dari Batalyon Mekanis 412 Raider yang saat ini sedang bertugas di Papua.

Penyerahan bantuan tersebut diserahkan secara pribadi oleh Bambang Sutrisno didampingi tenaga ahlinya di Batalyon Mekanis 412 Raider Purworejo, Selasa (18/12) pagi. Bantuan tersebut secara simbolis diterima oleh Kakorum Kapt Agung Pudi Riyadi.

Ditemui usai penyerahan bantuan buku, Bambang mengungkapkan ide bantuan buku-buku tersebut bermula ketika dirinya mendengar bahwa Perwira dan Prajurit dari Yonmek 412 Raider Purworejo saat ini tengah bertugas di pedalaman Papua.

“Kebetulan saya berada di Komisi X DPR RI yang mitra kerja kami diantaranya ada Perpusnas dan Kementerian Pendidikan. Saya berupaya untuk mendorong agar kedua institusi tersebut dapat mengirikan bantuan ke seluruh wilayah Indonesia, khususnya yang berada di wilayah pedalaman,” katanya.

Dikatakannya, karena dorongan itulah, saat ini pihaknya dapat menyerahkan bantuan buku-buku secara simbolis kepada anggota TNI yang saat ini sedang bertugas di Papua. Pihaknya merasa terbantu dengan adanya prajurit TNI yang bertugas di Papua tersebut agar persebaran buku-buku betul-betul dapat menjangkau wilayah pelosok Indonesia.

ads

“Karena daerahnya sangat sulit dijangkau, jadi saya kira TNI sangatlah strategis untuk dimintai bantuan dalam rangka mendistribusikan buku-buku khususnya kepada wilayah pedalaman yang memang sulit dijangkau,” katanya.

Melalui anggota TNI yang bertugas di Papua itu pulalah, ia mengharapkan mendapatkan gambaran bagaimana kondisi pendidikan yang ada di sana. Harapannya, persoalan itu dapat menjadi masukannya untuk kemudian disampaikan kepada Kementerian terkait.

“Jadi bahasanya kami minjam matanya TNI untuk memotret kondisi di sana. Dan menjadi kewajiban kami untuk dapat membantu mereka sesuai apa yang dibutuhkan oleh masyarakat Papua khususnya yang berada di kawasan perbatasan agar tidak terjadi ketimpangan antara Papua dengan wilayah lainnya,” katanya.

Sementara itu, Kakorum Kapt Agung Pudi Riyadi mengungkapkan, saat ini satuannya tengah mendapatkan tugas di kawasan perbatasan hingga 9 bulan mendatang. Jumlah anggota yang di terjunkan sekitar 450 orang.

“Seluruhnya sudah berangkat sejak beberapa waktu lalu. Bantuan ini secepatkan akan kami kirimkan ke sana agar dapat segera didistribusikan kepada masyarakat sana,” katanya. (Daniel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!