Metro Times ( Magelang ) Memasuki hari keempat Festival Rebana Klasik Ramadhan yang diadakan oleh Komite Seni Budaya Nusantara ( KSBN ) dengan Pemerintah Desa ( Pemdes ) Bandongan dan Perkumpulan Wartawan Online ( PWO ) Magelang Raya di Lembah Semawang Bandongan, hari ini telah ditampilkan sebanyak 5 Grub Rebana Kategori Umum ( 17 tahun ke atas ), setelah sebanyak 15 Grub Rebana ditampilkan di hari pertama, kedua dan ketiga.

Adapun 5 nama Grub Rebana Kategori Umum yang tampil hari ini adalah ;
1. Nurul Muttaqin ( Guntur, Rejosari, Bandongan ).
2. Latansa Bil Khasan ( Rejosari, Bandongan ).
3. Darussalam Magelang ( Salam Magelang ).
4. An Nuha Indonesia ( Salam Bandongan ).
5.Al Firdaus ( Kajoran, Rejosari, Bandongan ).

Selain untuk men syiar kan agama Islam, dikatakan oleh Kepala Desa ( Kades ) Bandongan, Sujono, bahwa festival rebana ini juga untuk mengisi kegiatan bulan Ramadhan di tahun ini.

“Tidak hanya itu saja, kegiatan festival rebana ini juga sekaligus untuk mengenalkan Lembah Semawang sebagai tempat tujuan wisata nantinya,” kata Kades Sujono.

Festival Rebana Klasik Ramadhan, jelas Kades Bandongan, merupakan gebyar sholawat Cinta Rosul untuk melestarikan tradisi rebana dan meningkatkan ukhuwah Islamiyah.

“Saya sangat mengapresiasi kepada penyelenggara yakni Pemdes Bandongan yang berisikan Perangkat Desa Bandongan bersama KSBN dan PWO Magelang Raya yang mempunyai inisiasi festival rebana ini. Semoga ke depan acara seperti ini menjadi acara tahunan sebagai ajang silaturahmi dan bukti cinta Rosul,” jelasnya.

Kompetisi dalam festival rebana ini berlangsung sengit dan menegangkan karena hanya diambil tiga juara terbaik. Juara untuk Umum dan Pelajar, nantinya ada Juara 1, 2 dan 3. Begitupun untuk Juara Kategori Anak ada Juara 1, 2 dan 3.

“Selain Kategori Juara 1, 2 dan 3, nantinya juga akan ada Juara Vokal Terbaik,” tutupnya. ( rif )

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini