- iklan atas berita -

Metro Times (Surabaya) – Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Laut (Kadiskesal) Laksmana Pertama TNI dr. I.D.G. Nalendra D.I., Sp., B. Sp., BTKV (K) secara resmi membuka Latihan Operasi Dukungan Kesehatan (Latopsdukes) Tahun 2019 yang digelar di di Ruang Auditorium Gedung Joint Operasional Plan Ruler (JOPR) Pusat Latihan Elektronika Kendali Senjata (Puslatlekdasen) kesatrian Bumimoro Kodiklatal.

Latihan yang akan berlangsung dari tanggal 22 April hingga tanggal 3 Mei 2019 tersebut diikuti 111 peserta yang berasal dari beberapa Satuan kerja kesehatan Kotama TNI AL diantaranya Dinas Kesehatan Koarmada II, Dinas Kesehatan Lantamal V, Rumkital Dr. Ramelan Surabaya, Rumkital Oepomo, Rumkital Soekanto Jahja, Rumkital Ewa Pangalela, Lakesla, Subditkes AAL, Satkes Kodiklatal, Pusdikkes Kodiklatal dan personil Yonkes 2 mar.

Adapun tema dalam pelaksanaan latihan tersebut adalah Dinas Kesehatan Angkatan laut melaksanakan Latihan Operasi Dukungan Kesehatan di Surabaya dan sekitarnya dalam rangka Mendukung Tugas TNI Angkatan Laut.
Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Laut (Kadiskesal) Laksmana Pertama TNI dr. I.D.G. Nalendra D.I., Sp., B., Sp., BTKV (K) dalam sambutnya menyampaikan bahwa Latihan Operasi Dukungan Kesehatan (Latopsdukes) ini merupakan puncak dari latihan kesehatan yang melibatkan seluruh unsur kesehatan TNI Angkatan Laut dalam satu wilayah.

Adapun tujuan dari latihan ini adalah meningkatkan profesionalisme prajurit korps kesehatan TNI Angkatan Laut di dalam melaksanakan tugas kesehatan pada setiap operasi dan latihan TNI Angkatan Laut baik Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP) sesuai penugasan yang diberikan oleh pimpinan TNI Angkatan Laut.

ads

Menurutnya kegiatan ini bukan hanya merupakan latihan rutin yang dilaksanakan jajaran kesehatan saja tetapi merupakan penerapan latihan bagi seluruh fasilitas kesehatan yang telah dilaksanakan mulai dari latihan fungsi kesehatan perorangan, dasar dan profesi kepelatihan, fungsi satuan kesehatan atau faskes dan latihan fungsi kesehatan antara faskes TNI angkatan laut.

Dengan latihan ini lanjutnya akan menguji kemampuan fasilites-fasilitas kesehatan di dalam melaksanakan dukungan kesehatan pada setiap operasi dan latihan TNI Angkatan Laut, serta menilai kemampuan koordinasi dan kerjasama antar unsur kesehatan yang tergabung dalam operasi dukun kesehatan dengan komponen SSAT sehingga diperoleh pola pikir, pola tindak yang sama dari personil TNI angkatan laut.

Dalam kesempatan tersebut disampaikan bahwa Pemimpin TNI AL terus berkomitmen dalam meningkatkan keterampilan profesionalisme para prajurit di seluruh jajaran kesehatan. Untuk menindaklanjuti keinginan dan harapan pemimpin tersebut agar para peserta Laopsduk tahun 2019 ini melaksanakan latihan dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab.

Adapun keberhasilan dalam latihan ini akan sangat ditentukan oleh kesungguhan para peserta dalam menjalankan tahap-tahap latihan dengan mengikuti seluruh petunjuk dan prosedur yang ada.(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!