- iklan atas berita -

Metro Times, Sorong. Minggu (31/12/2017)-Bicara dunia literasi di daerah tertentu, kita seperti sedang membicarakan sesuatu yang masih asing. Sepertinya mahfum bahwa ketidak tahuan sebagian masyarakat di suatu daerah tentang literasi adalah karena kurangnya geliat pergerakan literasi di masing-masing daerah tersebut. Pertumbuhan yang seolah-olah jalan di tempat jika tidak ingin dikatakan mati.

Beberapa waktu lalu tepatnya di hari Selasa 26 Desember 2017, detak jantung literasi Kota Sorong akan kembali dihidupkan. Hal ini diawali dengan diadakannya pertemuan antara _Akademi Tulis Dan Membaca (ATDM)_ dengan para pengungkit literasi kota Sorong seperti Gerakan Mahasiswa Raja Ampat (Gemara), dan LAFAS.

Pertemuan ini membahas tentang hal-hal yang berhubungan dengan literasi, pembentukan kepengurusan _ATDM Community_ Kota Sorong, serta proyek perdana yang menjadi target bersama yaitu penulisan buku tentang Kota Sorong yang akan bercerita segala hal mengenai Kota Sorong.

Dalam hal ini, _ATDM Community_ akan menjadi mentor kepenulisan sekaligus wadah utama yang akan memayungi komunitas-komunitas literasi yang telah ada sebelumnya di Kota Sorong.

_ATDM Community_ adalah sebuah komunitas di bawah naungan hukum _Radit Rindu Foundation_, sebuah yayasan yang bergerak dalam aksi-aksi berbagi kebaikan di bidang edukasi, sosial, kemanusiaan dan keagamaan.

ads

Seperti foundation yang menaunginya, _ATDM Community_ pun ditujukan untuk menjadi pergerakan literasi yang sekaligus sebagai pergerakan menebarkan kebaikan. Seperti mottonya _”Menulis dan Membaca untuk Kebaikan”_ yang menjadi dasar visinya. Jadi tidaklah heran jika kebangkitan literasi Sorong, nantinya pun akan bertujuan sama yaitu untuk aksi-aksi kebaikan. Selain itu, mendekatkan buku kepada masyarakat, mengurangi angka keengganan membaca yang terus menjadi soroton bangsa, juga akan menjadi fokus kegiatan para pengurus _ATDM Community_ Kota Sorong.

“Pertemuan ini merupakan bagian dari rangkaian acara roadshow  _Radit Rindu Foundation Goes to Papua_. Saya ucapkan selamat atas kebangkitan literasi Kota Sorong. Semoga dengan terbentuknya kepengurusan _ATDM Community_ wilayah Kota Sorong, akan memberikan semangat baru untuk terus menulis dan membaca demi kebaikan khususnya di Kota ini,” ucap Raditya Riefananda selaku founder _ATDM Community_ pada awak media. John

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!