Kedai Kopi 8081 Salah Satu Upaya Tingkatkan Kesejahteraan Petani Kopi

0
899
- iklan atas berita -

 

Metro Times (Kendal) Kendal merupakan salah satu daerah penghasil kopi yang rasa dan mutunya tak kalah saing dengan daerah lain. Namun, dengan sumber daya alam dan segala potensinya yang ada, petani kopi belum bisa menikmati hasil yang maksimal dari segi ekonomi.

Melihat hal seperti inilah yang mendasari semangat dari pegiat kopi di Kendal untuk bisa meningkatkan perekonomian para petani kopi di Kendal, khususnya di Sukorejo agar petani kopi lebih bisa terangkat kesejahteraannya.

Boby, pegiat kopi Sukorejo saat menyeduh kopi asli Sukorejo

Teguh Udianto, seorang pegiat kopi Sukorejo mengatakan bahwa, ide mendirikan Kedai Kopi 8081 berawal dari rasa keprihatinannya pada nasib para petani kopi Sukorejo yang kurang perhatian.

“Harga kopi di Sukorejo yang dibeli para pengepul itu selama ini jauh dari harga standar yang berakibat kesejahteraan petani sulit untuk meningkat,” kata Teguh Udianto yang akrab dipanggil Boby saat menyajikan kopi khas Sukorejo dalam Seminar Kadin Kendal di BPR BKK Kendal lantai III, rabu (21/8/2019)

ads

Boby menuturkan, biji kopi di Kedai Kopi 8081 asli dibeli dari petani lokal Sukorejo yang dibelinya dengan harga standar kopi pada umumnya, yang harga lebih tinggi dari pada harga pengepul.

“Ini merupakan salah satu langkah saya dan teman-teman pegiat kopi untuk meningkatkan kesejahteraan petani kopi lokal,” ungkap Boby.

Berbagai jenis kopi seperti Arabica, Robusta, Liberika atau Exelsa, ia beli langsung dari para petani lokal untuk dijual di Kedai kopinya dengan harga standar kedai kopi yang rasanya dijamin tak kalah dengan kopi unggulan dari daerah lain.

Selain itu, upaya para pegiat kopi Sukorejo untuk meningkatkan kesejahteraan petani kopi dilakukan dengan pendampingan dan membeli hasil kopi para petani dengan harga standar untuk diroasting dan dikemas lalu dipasarkan.

“Bentuk pemberdayaan yang kami lakukan, diantaranya dengan mencantumkan nama petani sebagai asal kopi dalam kemasan dan mencantumkan pula dimana dilakukan roastingnya,”pungkasnya.(Gus)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!