Metro Times ( Magelang ) Selasa (12/04) adalah hari ketiga Festival Rebana Klasik Ramadhan di Lembah Semawang Bandongan Kab. Magelang. Setelah dihari pertama Minggu tanggal 10/04/2022 dibuka oleh tiga ( 3 ) Grub Rebana Kategori Anak dan hari kedua kemarin Senin tanggal 11/04/2022 diisi enam ( 6 ) Grub Rebana Kategori Pelajar, dihari ketiga ini Selasa tanggal 12/04/2022 ditampilkan enam ( 6 ) Grub Rebana Kategori Umum ( 17 tahun keatas ).

Nama-nama enam ( 6 ) Grub Rebana Kategori Umum yang tampil hari ini diantaranya ;

1. Al Ahembuh ( Rimon, Lonao, Purworejo ), Kab. Purworejo.
2. Al Hidayah ( Genito Windusari ) Kec Windusari.
3. Lailatul Utima ( Jambewangi, Pakis ) Kec. Pakis.
4. Ar Rasyid ( Kopeng Wetan, Sutopati, Kajoran ) Kec. Kajoran.
5. Khubbu Rosul ( Tlogo, Sutopati, Kajoran ) Kec. Kajoran.
6. Shohibul Binjay ( Pakis Kidul, Pakis ) Kec. Pakis.

Ketua Komite Seni Budaya Nusantara ( KSBN ) Ki Ipang, di lokasi festival rebana menjelaskan, pada bulan Ramadhan ini KSBN bekerjasama dengan Pemerintah Desa ( Pemdes ) Bandongan dan Perkumpulan Wartawan Online ( PWO ) Magelang Raya telah menyelenggarakan Festival Rebana Klasik Ramadhan yang tidak lain adalah dalam rangka meramaikan musik rebana atau meng eksiskan musik rebana.

Selain itu, masih menurut Ki Ipang, musik rebana yang rata-rata isi di setiap lagunya adalah mengandung nasehat untuk mendidik yang tidak jauh dari kehidupan Islami. Dan juga, musik rebana juga membumikan ayat-ayat suci Al-qur’an.

“Festival Rebana Klasik Ramadhan ini juga dalam rangka men syiar kan tentang agama Islam,” ujar Ki Ipang.

Dihari ketiga Festival Rebana Klasik Ramadhan di Lembah Semawang Bandongan ini ditemani oleh guyuran air hujan. Dan sampai akhir acara, Festival Rebana berjalan lancar. ( rif )

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini