KH Rosyidi : Makam Kuno Itu Makam Wali Kholifah Syeh Kholifatullah

0
3273
- iklan atas berita -

 

Metro Times (Kendal)Misteri tentang teka teki makam kuno yang ditemukan di Desa Kumpulrejo Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal pada 8 Juli 2019 lalu sedikit menemui titik terang.

KH Rosyidi ulama Kendal pengasuh Pondok Pesantren Sabilussalam desa Lebosari Kecamatan Kangkung Kendal mendatangi makam kuno yang berlokasi di RT 001 RW 002 Desa Kumpulrejo untuk berziarah atas undangan dan konsultasi yang dilakukan Pemerintah Desa Kumpulrejo.

Usai berziarah, KH Rosyidi yang juga seorang mantan anggota dewan Kabupaten Kendal masa periode 2009 – 2014 menuturkan bahwa Insya allah makam yang ada dihadapanya adalah makam seorang yang terhormat seorang Syeh yang bernama Syech Kholifatullah atau dengan sebutan Wali Kholifah.

“Syech Kholifatullah merupakan murid dari Syech Jumadil Qubro penyiar agama islam pertama kali dijawa yang bermakam di Trowulan Mojokerto Jawatimur. Masa hidupnya beliau lebih dahulu dari para waliyullah yang ada di Kabupaten Kendal atau tertua diantara wali-wali yang lain di Kabupaten Kendal,” terangnya.

ads

“Gelar Syech adalah gelar penyebar agama islam dan satu makam lagi yang diketemukan untuk yang kedua beliau adalah Syech Misbachudhin. Mengenai silsilah masing-masing makam secara lebih lengkap akan disampaikan kepemerintahan desa dibelakang hari,” imbuh KH Rosyidi.

Sedikit pencerahan dari KH Rosyidi, menurut Kepal Desa Kumpulrejo, Basuki, merupakan hal yang patut disyukuri. “Prinsipnya apabila ada perbedaan dalam penyebutan nama, hal tersebut diharapkan agar tidak dibesar-besarkan,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa, makam kuno sudah dicatat di balai arkeologi Daerah Istimewa Yogyakarta sebagaimana surat balasan tertanggal 8 Juli 2019 agar masyarakat Desa Kumpulrejo dapat menjaga kelestarian situs dan benda-benda yang ada.(Gus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!