Koalisi Langit, Pertemuan NU Muhammadiyah Isyaratkan Dukungan untuk Tino

0
2364
- iklan atas berita -

 

Metro Times Kendal – Memiliki misi yang sama, dua ormas besar di Kendal yakni NU dan Muhammadiyah melakukan pertemuan untuk yang kesekian kali.

Misi kebersamaan untuk menciptakan kepimimpinan Kendal Beribadat yang amanah dan berkemajuan dilakukan dua ormas di Wana Wisata Watersik Weleri, selasa (23/6/2020),

Dalam pertemuan yang dihadiri ketua dan ulama dari masing-masing ormas tersebut, terlihat suasana penuh keakraban dari para peserta. Bahkan, sempat terlontar candaan dari salah satu peserta jika pertemuan yang berlangsung merupakan koalisi langit untuk menciptakan kepimimpinan Kendal Beribadat yang amanah dan berkemajuan.

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kendal KH Danial Royyan usai pertemuan tersebut mengatakan, koalisi langit yang disebut dalam pertemuan NU dan Muhammadiyah merupakan bentuk euforia dari para peserta yang hadir.

ads

Dirinya menyampaikan, pertemuan antara NU dan Muhammadiyah adalah sesuatu yang rutin digelar.

“Ini pertemuan yang ke 6 kali selama saya menjabat 8 tahun sebagai ketua PCNU,” kata Kyai Danial.

Dikatakan Kyai Danial, awalnya pertemuan tersebut direncanakan pada bulan Ramadhan lalu. Namun, berhubung dia dan Kyai Muslim sama-sama sakit, pertemuan baru bisa dilakukan hari ini.

Pertemuan kali ini, lanjut Kyai Danial dilakukan karena memiliki kesamaan misi. Muhammadiyah meminta seorang Bacabup Kendal Mas Tino untuk datang dan dirinya datang mengantarkan Mas Tino.

“Ini adalah silaturahmi biasa, tapi berhubung ini dilakukan menjelang pilkada, maka banyak pihak yang beranggapan pertemuan ini kental dengan nuansa politik,” ujarnya.

Kyai Danial membantah jika pertemuan yang berlangsung merupakan sebuah upaya untuk mengusung seorang Calon Bupati (Cabup).

“Kita kan bukan partai politik. Kita itu mengusung politik strategis bukan politik praktis yang artinya, harus memberikan pengawalan kepada para elit politik praktis dan Cabup yang patut untuk didukung ke dua ormas ini,” terangnya.

Namun, Kyai Danial tak membantah saat ditanya salah satu awak media jika dari pertemuan yang berlangsung ada sebuah sinyal dukungan yang diberikan ke Cabup yang akan maju di pilkada Kendal 2020.

“Jangan dipertanyakan dong. Sinyal kok dipertanyakan,” canda Kyai Danial.

Sementara itu, Ketua PD Muhammadiyah Kendal KH Muslim mengaku siap menerima siapapun Bacabup Kendal yang datang kepadanya dan tak berhak untuk menolaknya. “Apalagi calon ini adalah calon yang diusung PCNU, berdosa jika kita tolak,” kata Kyai Muslim.

Diterimanya calon yang diusung oleh PCNU, kata Kyai Muslim menjadikan pertemuan berlangsung menarik, menyenangkan dan tidak menimbulkan permusuhan.

“Saya sangat mendukung pertemuan yang digagas untuk mencari kebaikan, bukan untuk mencari jabatan atau apa-apa,” ungkapnya.

Bacabup Kendal H Tino Indra Wardoyo yang hadir ditengah-tengah pertemuan tersebut, mengaku bersyukur dengan mencuatnya isyarat dukungan yang diberikan kepada dirinya.

“Saya sangat bersyukur dan yang terpenting saya minta restu kepada beliau-beliau untuk Kendal dan masyarakatnya,” tuturnya.

Tino juga mengaku, sebagai kader NU, dirinya telah melakukan silaturahmi-silaturahmi ke struktural NU ditingkat bawah. Tak hanya itu, dirinya juga mengaku sering turun langsung ke tengah-tengah masyarakat, memohon restu untuk maju sebagai Calon Bupati Kendal.

Terkait rekomendasi dari partai pengusung, dia menyampaikan bahwa sampai saat ini rekom belum turun. Namun komunikasi terus terjalin dengan baik.(Gus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!