- iklan atas berita -

 MetroTimes (Surabaya) – Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Laksda TNI Dedy Yulianto secara resmi menghadiri penyerahan KRI Kerambit-627 dari PT Pal Indonesia ke Kementerian Pertahanan (Kemenhan) yang diterima langsung Menteri Pertahanan RI Jendral TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu. Adapun penyerahan tersebut dilaksanakandi Dermaga PT Pal Ujung Surabaya.

Tampak hadir pada acara tersebutPanglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. S.I.P, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M, Para Asisten kasal, Panglima Koarmada II dan Komandan lantamal V Surabaya.

KRI Kerambit-627 merupakan jenis Kapal Cepat Rudal (KCR), selesai penyerahan dilanjutkan dengan upacara peresmian dan pengukuhan Komandan KRI Kerambit-627 pertama oleh Kepata Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji. Komandan KRI Kerambit-627 pertama ini adalah Letkol laut (P) Arief Kurniawan Hartanto dikukuhkan bersama 53 awak kapal lainnya.

Sebelum penyerahan dilaksanakan rangkaian uji layak laut. yang meliputi pengujian kecepatan, pengujian peralatan, perrnesinan hingga pengujian maneuver kapal yang telah dilaksanakan sebelumnya. Adapun spesifikasi  KRI Kerambit-627 adalah panjang 60 meter, dengan lebar 8,10 meter, sarat 2,57 meter serta memiliki bobot 467 ton mampu berlayar hingga kecepatan 28 knots.

ads

Selesai pengukuhan Komandan dan awak kapal Kepala Staf Angkatan laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji menyampaikan bahwa KRI Kerambit-627 ini akan dioperasionalkan langsung di Koarmada I wilayah barat. Menurutnya saat ini saat ini TNI AL telah memiliki tiga kapal jenis KCR seperti KRI Kerambit-627 di Armada I dan II. Namun KRI Kerambit-627 memiliki peralatan dan sistemnya jauh lebih canggih. Sedangkan untuk pemilihan nama Kerambit merupakan nama dari senjata tradisional Minangkabau. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!