- iklan atas berita -

Metro Times (Magelang) Tidak semua anak bisa selalu berkumpul bersama keluarga dengan lengkap ketika menjalani ibadah puasa. Seperti dialami anak-anak yatim di wilayah kecamatan Pakis Kabupaten Magelang.

Dengan landasan kepedulian yang tinggi, Koramil 08/Pakis Kodim 0705/Magelang menggelar acara Buka Bersama dan Berbagi Ceria Bersama Anak Yatim. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kecamatan Pakis pukul 16.00 WIB hingga pukul 18.30 WIB, Sabtu (23/04).

Komandan Koramil 08/Pakis Kapten Inf I Ketut Kukuh Andiworo, S.Sos mengatakan untuk menggelar acara tersebut pihaknya menghadirkan 300 anak yatim dari wilayah Kecamatan Pakis.

“Untuk kegiatan ini, kami bekerjasama dengan Yayasan Al-Furqon pimpinan Ustadz Wujud dari Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang,” ungkap Kapten Kukuh.

Danramil 08/Pakis mengatakan bulan Ramadan merupakan ladang pahala untuk dipanen sebanyak-banyaknya. Termasuk juga menjadi momen meningkatkan keimanan dan kepedulian terhadap sesama.

ads

“Termasuk peduli terhadap anak-anak yatim, yang merupakan generasi penerus. Mereka perlu kepedulian kita semua, agar terus dapat menuntut ilmu dan menjadi anak salih dan salihah yang cerdas dan berbudi luhur,” ujar Kapten Kukuh.

Sementara dalam sambutannya, Pimpinan Yayasan Al-Furqon Ustadz Wujud mengucapkan terimakasih atas acara yang digelar oleh Koramil 08/Pakis. Dia berharap kepedulian yang dilakukan Koramil Pakis ini menjadi inspirasi pihak lain.

“Menyantuni anak yatim adalah perintah agama. Maka sepantasnya kita sebagai insan beragama melakukan hal itu. Bukan materi yang utama, namun bentuk kepedulian kepada anak-anak yatim bisa berupa apa saja. Tentu dilandasi niat ikhlas beribadah,” kata Ustadz Wujud.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan santunan kepada 300 anak yatim, jamaah salat Maghrib dan buka puasa bersama. Tampak keceriaan dan ucapan terimakasih terucap dari anak-anak penerima santunan.

“Terimaksih kepada Bapak Danramil Pakis beserta jajarannya, juga Bapak-Bapak di sini. Semoga dianugerahi umur panjang dan rezeki barakah. Aamiin,” ucap Ade Setiawan (11), anak yatim asal Dusun/Desa Kajangkoso.

Senada dengan Ade, Zahra Jihan Talita (10) gadis cilik asal Dusun/Desa Kaponan juga mengungkapkan rasa senangnya. Dia mengaku baru kali ini berbuka bersama dengan para pejabat di Pakis.

“Saya senang bisa bersama Bapak-Bapak di sini, juga teman-teman di Pakis ini. Terimakasih atas kepedulian Bapak dan Ibu yang hadir di sini,” ungkapnya.

Kegiatan yang diprakarsai Koramil 08 Pakis itu dihadiri oleh pejabat di wilayah Kecamatan Pakis. Seperti Sekcam Pakis, Rahmat Pambudi, S.STP, Kapolsek Pakis, AKP S. Mulyanto, S.H., Kepala KUA Pakis Rahmat, S.P.A.

Juga Wakil Ketua Paguyuban Andum Nikmat Pakis, Dian, Ketua Paguyuban Kepala Desa se-Kecamatan Pakis, Ariyanto, serta undangan lain seluruhnya sekitar 350 orang. Kegiatan berlangsung aman dan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. (rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!