- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Pengunjung wisata di Kabupaten Purworejo selama masa libur lebaran 2019 mencapai 456.031 orang. Jumlah itu meningkat sebanyak 20.375 atau sekitar 15 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 435.656 orang.

Kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Purworejo, Agung Wibowo AP, saat memberikan keterangan pers di Pers Center Kompleks Kantor Setda Purworejo menyebut, jumlah tersebut dihitung khusus selama masa libur lebaran, mulai tanggal 3 hingga 11 Juni 2019. Menurutnya, jumlah itu sebetulnya belum final mengingat masih ada objek wisata yang belum melaporkan hasil terakhir atau update data kunjungan.

“Secara umum ada kenaikan sekitar 20.375 pengunjung. Memang tidak semua objek meningkat. Ada yang stagnan, ada juga yang turun,” sebutnya, Kamis (13/6).

Terdapat 36 objek wisata di Kabupaten Purworejo, baik yang dikelola oleh Pemkab maupun mandiri desa atau komunitas, yang menjadi lokasi jujugan wisatawan. Dari beberapa objek itu, Alun-Alun Purworejo tercatat paling banyak dikunjungi, mencapai sekitar 270.000 orang. Destinasi lain yang mengalami peningkatan signifikan antara lain Pantai Jatimalang sebanyak 30,87 persen.

“Pengunjung Alun-alun meningkat sekitar 210.000 dibandingkan tahun lalu,” lanjutnya.

ads

Agung mengungkapkan, dalam menyambut wisatawan selama libur lebaran pihaknya menyajikan berbagai event kesenian di sejumlah destinasi. Ada pula event yang digelar secara mandiri oleh pengelola objek wisata.

“Seperti di Alun-alun selama beberapa hari kita gelar full. Seni tradisional sengaja kita tonjolkan untuk mengobati kerinduan para pemudik yang barangkali telah lama tidak menyaksikannya,” ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa selama masa libur lebaran tidak banyak terjadi peristiwa menonjol. Sempat terjadi seorang pengunjung terseret arus di Pantai Jetis, tetapi dapat diselamatkan.

“Ada juga beberapa pengunjung yang tersengat ubur-ubur, tapi aman,” katanya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!