- iklan atas berita -

Metro Times (Magelang) Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Jawa Tengah 6 (Kota Magelang, Kab. Magelang, Kab. Purworejo, Kab. Wonosobo, dan Kab. Temanggung) fraksi PDI Perjuangan, Vita Ervina SE MBA, bersama mitra kerja Komisi IV DPR RI yakni Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, bertekad melakukan pengembangan perikanan budidaya yang salah satu diantaranya dengan sistem bioflok.

Hal itu dikatakan Vita Ervina ketika Tim graVITAsi (Griya Aktivitas dan Aspirasi Vita Ervina) mendampingi Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI melakukan kunjungan dan pengecekan ke penerima aspirasi sistem bioflok di Magelang yang tidak lain aspirasi bantuan dari Vita Ervina SE MBA, Selasa (31/01) kemarin.

“Sistem Bioflok adalah kumpulan dari berbagai jenis organisme seperti jamur, bakteri, algae, protozoa, cacing dan lain-lain yang tergabung dalam gumpalan. Teknologi bioflok sendiri merupakan adopsi dari teknologi pengolahan biologis air limbah lumpur aktif dengan menggunakan aktivitas mikroorganisme untuk meningkatkan carbon dan nitrogen,” kata Vita Ervina kepada metrotimes.news, Rabu (01/02).

Tambah Vita (sapaan akrab Vita Ervina), bahwa budidaya ikan dengan sistem bioflok akan sangat memungkinkan pembudidaya melakukan budidaya dengan kepadatan yang tinggi sehingga nilai produksi atau panen ikan akan sangat meningkat. Dan DJPB KKP RI mengunjungi ke lokasi bioflok ini yang tidak lain adalah bantuan aspirasi dari Saya pada tahun 2022 kemarin.

ads

“Tahun 2022 kemarin sebanyak 7 paket bioflok yang saya serahkan, dengan nominal per paketnya sebesar Rp 200 juta. Jadi total yang saya serahkan untuk bioflok pada tahun 2022 kemarin adalah Rp 1,4 M,” ujar Vita.

“Semoga bantuan aspirasi melalui sistem bioflok yang saya berikan bisa sangat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat,” tambahnya.

Sementara DJPB KKP RI yang diwakili Iman Baridi di lokasi kunjungan penerima bantuan aspirasi bioflok di Magelang mengatakan, pihak DJPB KKP selalu berupaya menyalurkan bantuan sarana prasarana bioflok dengan baik. Seperti pada kesempatan kali ini DJPB KKP RI telah melakukan kunjungan ke penerima bantuan aspirasi sistem bioflok di Magelang yang alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar.

“Semoga bantuan yang telah diserahterimakan bisa dimanfaatkan dengan baik,” jelas Iman.

Komisi IV DPR RI bersama KKP sebagai mitra kerja selalu bersinergi dalam mengembangkan potensi perikanan di darat dan laut. Pengembangan potensi perikanan di darat seperti bioflok ini melibatkan sentuhan teknologi ramah lingkungan sehingga kegiatan budidaya yang dilakukan relative aman untuk lingkungan sekitar. (rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!