- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Inspektorat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah baru-baru ini merilis hasil penilaian kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo sepanjang tahun 2016 – 2021. Pemprov memberikan skor 91,40, atau masuk kategori sangat baik.

Mendapat penilaian sangat baik itu, Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM mengingatkan seluruh perangkat daerah untuk tidak kendur dalam melayani masyarakat. “Itu prestasi menggembirakan, tapi pastinya kinerja seluruh perangkat daerah harus dioptimalkan lagi,” tegasnya, Kamis (25/3).

Menurutnya, penilaian itu merupakan gambaran atas pencapaian kinerja Pemkab Purworejo dalam melaksanakan Rencana Pembanganan Jangka Menengah dan Panjang (RPJMD) 2016 – 2021 yang ditetapkan.

Berdasarkan penilaian itu, publik dapat melihat tingkat keberhasilan kinerja dari aspek kesejahteraan, daya saing daerah, serta pelayanan umum. Hasil penilaian kinerja, lanjutnya, akan dijadikan bahan dalam merencanakan usaha mencapai visi misi RPJMD 2021 – 2026.

Adapun terkait indikator yang belum tercapai, lanjutnya, pemkab akan melakukan pencermatan dan perumusan kembali, kemudian dituangkan dalam kebijakan yang diterapkan dalam RPJMD periode selanjutnya. “Tentunya akan kita nilai apakah masih bisa mempengaruhi pencapaian sasaran pembangunan pada RPJMD periode berikutnya,” ungkapnya.

ads

Selain itu, pemkab juga akan memprioritaskan pelayanan dasar sesuai standar pelayanan minimal.

Terpisah, Inspektur Provinsi Jawa Tengah Hendri Santoso saat berada di Purworejo belum lama ini mengemukakan, dalam RPJMD 2016-2021 terdapat 162 Indikator Kinerja Daerah (IKD) meliputi aspek kesejahteraan masyarakat, daya saing, dan pelayanan umum. Untuk Purworejo, kinerja daerah mendapatkan nilai 91,40.

Hendri merinci, ada 23 IKD pada RPJDM untuk aspek kesejahteraan masyarakat, dengan capian kinerja rata-rata 87,92. Sepuluh IKD daya saing dengan nilai rata-rata 96,44, sedangkan pelayanan umum terdapat 129 IKD dengan nilai 90,57.

“Pemkab Purworejo dalam merealisasikan kinerja berhasil meraih skor 91,40, dimana skor 90 sampai 100 itu predikatnya sangat baik,” ucapnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!