- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) SMP Negeri 4 Purworejo memiliki gedung baru yang berfungsi sebagai ruang kepala dan wakil kepala sekolah serta persiapan akreditasi. Gedung hasil swadaya wali murid yang berada di bagian depan sekolah tersebut diresmikan penggunaannya oleh Bupati Purworejo, Agus Bastian, Kamis (10/10).

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti serta pengguntingan pita oleh bupati disaksikan Anggota DPRD Purworejo Muhammad Abdullah, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Sukmo Widi Harwanto SH MH, Kepala SMPN 4 Purworejo Drs Eko Partono MMPd, serta perwakilan wali murid seluruh kelas. Usai meresmikan, bupati bersama tamu undangan menyempatkan diri meninjau gedung baru.

“Gedung dengan biaya pembangunan sekitar Rp553 juta ini mutlak swadaya masyarakat, yaitu dari wali murid bersama komite sekolah selama dua tahun terakhir,” kata Eko Partono.

Disebutkan, gedung terdiri atas dua lantai. Lantai 1 akan difungsikan sebagai ruang kepala sekolah, sedangkan lantai 2 sebagai ruang wakil kepala dan persiapan akreditasi.

ads

“Ruang persiapan akreditasi ini untuk mengumpulkan data dan arsip-arsip kegiatan minimal selama 3 tahun terakhir. Harapannya saat akreditasi tidak ada beban pekerjaan baru karena sudah siap,” sebutnya.

Eko Partono mengungkapkan bahwa pembangunan gedung menjadi kesepakatan sekolah bersama komite karena gedung lama di lokasi yang sama mengalami kerusakan parah dan mengancam keselamatan. Dengan adanya gedung baru yang lebih representative diharapkan sekolah mampu meningkatan mutu pelayanan.

“Apalagi sekolah sekarang wajib memberikan penjaminan mutu internal. Terkait dengan itu setiap sekolah tidak hanya wajib meningkatkan mutu atau out put, melainkan juga layanan,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Bupati Agus Bastian menyatakan bahwa persoalan pendidikan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah atau sekolah, melainkan juga masyarakat termasuk orang tua/wali murid. Karena itu, pihaknya memberikan apresiasi terhadap komite SMPN 4 yang telah andil peduli membangunkan prasarana guna mendukung mutu sekolah.

“Walaupun ini adalah tanggung jawab pemerintah, tapi masyarakat khususnya orang tua wali juga harus tergerak untuk meningkatkan kualitas sekolah. Apalagi kita memasuki era revolusi industri 4.0 yang membutuhkan berbagai sarana pendukung untuk kemajuan sumber daya manusia,” tegasnya.

Bupati berharap, adanya gedung baru ini mampu memacu kinerja dan mutu sekolah. Sementara bagi sekolah lain, kepedulian wali siswa di SMPN 4 dapat menjadi contoh.

“Purworejo itu sejak dulu terkenal dengan mutu pendidikannya yang baik. Mari bersama-sama kita senantiasa berupaya untuk terus menjaga dan meningkatkannya,” tandasnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!