Metro Times (Purworejo) Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Kodim 0708/Purworejo menggelar acara khusus Perayaan Natal 2021 untuk umat kristiani di Aula Makodim Setempat, Rabu (29/12/2021). Kegiatan Natal bertajuk “TNI Siap Mewujudkan Kasih Kristus dalam Persaudaraan” dibuka dengan simbolis penyalaan lilin dan sambutan Pengarahan oleh Komandan Kodim 0708/Purworejo, Let Kol Inf Lukman Hakim SSos MSi. Selanjutnya, Refleksi Natal diisi oleh pendeta senior di kalangan Gereja-gereja Kristen Jawa (GKJ) Purworejo, Pdt Lukas Eko Sukoco MTh.

Sejalan dengan tema Natal Nasional, dalam kesempatan itu Pdt Lukas mengajak TNI khususnya jajaran Kodim 0708, menjadi teladan dalam mewujudkan cinta kasih Kristus dalam Persaudaraan.

“Untuk melakukan hal tersebut, ada 4 hal penting yang harus dipenuhi berdasarkan I Petrus 1:22. Pertama mau bertobat dan dikuduskan. Kedua mau taat pada kebenaran. Ketiga mau mengamalkan kasih persaudaraan dan Keempat mau sungguh-sungguh mengasihi dengan tulus,” katanya.

Pdt Lukas juga menegaskan bahwa TNI wajib menjadi teladan dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat. Hal itu mengingat Indonesia rentan terjadi perpecahan karena terdari atas banyak suku, ras, dan agama.

“Namun, jika kita mau mengembangkan rasa cinta kasih persaudaraan, maka kita akan menjadi bangsa yang baik, berkembang, dan diberkati Tuhan,” tegasnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0708 menerangkan bahwa dalam kehidupan ini ada hukum “tabur tuai”. Artinya, siapa yang berbuat baik, sekecil apapun, juga akan memetik kebaikan. Sebaliknya, barangsiapa yang tidak berbuat baik juga akan memetik hasilnya.

“Oleh sebab itu, dalam terang tema Nasional Natal 2021, saya mengajak kita semua meningkatkan diri untuk menabur kebaikan, menabur cinta kasih kepada sesama dan menabur persaudaraan yang tulus,” terangnya.

Natal sederhana di Kodim 0708 tampak meriah meski hanya diikuti peserta terbatas, yakni 15 personel dan warga Kristiani dari Otsus Papua yang mempersembahkan Puji-pujian Natal. Mereka akan bergabung hingga akhir 2022 untuk memperkuat jajaran kodim 0708 Purworejo.

“Kita ingin mewujudkan kebersamaan dalam setiap kegiatan. Hal itu juga sesuai dengan moto TNI yakni TNI Kuat bersama Rakyat,” ungkapnya.

Terkait dukungan Kodim 0708 terhadap kondusivitas keamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Dandim menyebut telah menyiagakan sekitar 130 personel. Ada sebanyak 6 gereja besar yang menjadi menjadi fokus pengamanan saat ibadah Natal kemarin. Selain itu, gereja-gereja kecil di berbagai wilayah kecamatan juga mendapat perhatian penuh dari para Danramil untuk melakukan patroli bersama Polri dan elemen terkait.

“Termasuk untuk malam tahun baru 2022 nanti, kita sudah siagakan personel dan siap menjaga kondusivitas Kabupaten Purworejo,” tandasnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini