- iklan atas berita -

METROTIMES, MANOKWARI – Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr(Han) yang didampingi Kasdam XVIII/Kasuari Brigjen TNI Ferry Zein, Kakumdam XVIII/Kasuari, dan Waasintel Kasdam XVIII/Kasuari, menerima kunjungan Delegasi Regional Komite Internasional Palang Merah ( International Comittee of the Red Cross/ICRC) untuk Indonesia dan Timor Leste yang dikepalai Mr. Alexander Faite, Senin (26/10/2020) di Markas Kodam XVIII/Kasuari, Trikora Arfai 1, Manokwari, Papua Barat.

Pada kesempatan itu Pangdam XVIII/Kasuari mengucapkan selamat datang di Kodam XVIII/Kasuari sekaligus menyampaikan bahwa hubungan antara TNI dan ICRC sudah cukup lama terjalin dengan baik sehingga komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi masih tetap berjalan, utamanya dalam rangka kemanusiaan.

“Selaku Pangdam XVIII/Kasuari saya selalu berusaha untuk menciptakan situasi wilayah di Papua Barat ini tetap damai dan tidak ada konflik,” ujar Pangdam.

“Ini kita lakukan bersama-sama dengan stakeholder di Papua Barat. Kita selalu mengupayakan bagaimana caranya untuk terus mengelola wilayah Papua Barat ini agar tetap damai, tidak ada konflik dan permasalahan. Karena salah satu tugas TNI adalah menjaga stabilitas keamanan sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman untuk bisa mencari nafkah. Puji Tuhan, sampai dengan saat ini situasi Papua Barat masih tetap damai dan tenang sehingga kita semua bisa bekerja dan menjalani kehidupan dengan baik,” tambah Mayjen I Nyoman Cantiasa.

ads

Sementara itu, Mr. Alexander Faite mengutarakan bahwa maksud dan tujuan kunjungannya ke Kodam XVIII/Kasuari ini adalah untuk memberikan bantuan peralatan kesehatan dalam rangka penanganan Covid-19 di Provinsi Papua Barat.

“Kami memberikan peralatan kesehatan untuk pencegahan penyebaran Covid-19, berupa sabun mandi, kontainer air, pembersih tangan, disinfektan, sarung tangan, masker kesehatan, masker kain, penyemprot, termometer tembak, pelindung muka, handsanitizer, baju hazmat, dan poster promosi kesehatan,” ucapnya.

Selain itu, kedatangannya kali ini juga untuk menawarkan kerja sama dengan TNI dan akan membuat surat penawaran kerja sama.

“Nanti kami akan melayangkan surat kepada pihak Kodam XVIII/Kasuari agar dapat melaksanakan beberapa kegiatan kerja sama di wilayah Provinsi Papua Barat ini,” kata Mr. Alexander.

Turut dalam rombongan kunjungan ICRC ke Kodam XVIII/Kasuari ini, Mr. Benoit Chavas (Wakil Kepala Delegasi Regional ICRC untuk Indonesia dan Timor Leste), Christian Donny Putranto (Legal Advisor dan Akademisi ICRC), John T Boestami (Direktur Fasilitas Diplomatik Kemenlu RI), Hendre Wahyudi (Kepala Seksi Perawatan Pencegahan Penyakit Menular Ditjenpas), dan Musa Kamudi (Asisten 1/Wakil Ketua PMI Prov. Papua Barat)

Untuk diketahui, ICRC yang berkantor di Jl. Iskandarsyah 1 no. 14 Kebayoran Baru, Jakarta ini adalah lembaga kemanusiaan swasta yang berbasis di Jenewa, Swiss. Negara-negara peserta (penanda tangan) keempat Konvensi Jenewa 1949 dan Protokol Tambahan 1977 dan 2005, telah memberi ICRC mandat untuk melindungi korban konflik bersenjata internasional dan non-internasional. Termasuk di dalamnya adalah korban luka dalam perang, tawanan, pengungsi, warga sipil, dan non-kombatan lainnya. (RED-MTN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!