- iklan atas berita -

Metro Times (Surabaya) – Meskipun selama ini melakukan penetrasi secara intensif kepada para emak-emak di setiap kunjungan yang dilakukan ke seluruh Indonesia, nampaknya Sandiaga Uno belum bisa mendapatkan hasil maksimal untuk meraih suara para kaum ibu itu. Namun, Paslon dengan nomor urut 02 itu berhasil meraih ceruk suara yang lumayan tinggi di kalangan kaum pengangguran.

Data itu didapatkan dari hasil riset yang dirilis oleh Surabaya Survey Center (SSC), Rabu (9/1/2019). Di kalangan responden emak-emak, Prabowo-Sandiaga Uno meraih 40 persen suara sedangkan Jokowi-Ma’ruf Amin mengantongi 50 persen suara dengan 10 persen undecided voters.


“Sementara, di kalangan pengangguran, Prabowo-Sandiaga Uno unggul dengan 55 persen dan Jokowi-Ma’ruf Amin hanya mendapatkan 35.5 persen dengan 9.5 persen undecided voters,” jelas peneliti SSC, Elis Yusniawati.

Lebih lanjut, Elis memaparkan jika Prabowo-Sandiaga Uno menang tipis di kalangan pelajar atau mahasiswa. “Keduanya mendapatkan 48.2 persen sedangkan Jokowi-Ma’ruf Amin mengantongi 42.8 persen dengan 9 persen undecided voters,” katanya.

ads

“Untuk kalangan buruh, Jokowi-Ma’ruf Amin unggul dengan 60 persen sementara Prabowo-Sandiaga Uno mengantongi 28.5 persen dengan undecided voters sebesar 11.5 persen. Lalu, di kalangan petani dan peternak serta nelayan, Jokowi-Ma’ruf Amin mendapatkan 46.7 persen sedangkan Prabowo-Sandiaga Uno meraih 40.9 persen dengan 12.4 persen undecided voters,” jelas Elis.

Bagaimana dengan kalangan pensiunan dan ASN? Menurut Elis, di dua latar belakang itu, Jokowi-Ma’ruf Amin lebih unggul. “Di kalangan pensiunan, Paslon nomor 01 mendapatkan 55.5 persen dan nomor 02 meraih 35.5 persen dengan 9 persen undecided voters,” ujarnya.

“Untuk ASN atau Pamong Desa, 52.5 persen mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin dan 37.5 persen memilih Prabowo-Sandiaga Uno dengan 10 persen undecided voters. Terakhir, kalangan wirausaha kecil, mereka sebanyak 48.3 persen memilih Jokowi-Ma’ruf Amin dan 41.2 persen mendukung Prabowo-Sandiaga Uno dengan 10.5 persen undecided voters,” pungkas Elis.

Sebagai informasi, hasil survey yang dirilis oleh SSC pada kesempatan ini berdasarkan pada survey yang dilaksanakan mulai 10-20 Desember 2018 di 38 Kab/Kota di Jawa Timur. Riset yang dilakukan menggunakan 1070 responden melalui teknik stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih sebanyak 3 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!