- iklan atas berita -

MetroTimes (Jakarta) – Pandemi Covid19 sudah menyerang hampir seluruh dunia, banyak negara yang kewalahan menanganani Pandemi ini.

Di Indonesia, Pemerintah sudah melakukan berbagai cara untuk memutus rantai penyebaran virus Covid19 ini, banyak kritikan pro dan kontra dari masyarakat terkait kebijakan-kebijakan yang di lakukan pemerintah, tak terkecuali media asing.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, mengaku sedih mendengar banyak opini yang berkembang di masyarakat terkait penanganan Covid-19 di Indonesia.

Menurut dia, banyak pihak yang menilai sangat buruk terkait langkah-langkah yang telah dilakukan pemerintah Indonesia dalam penanganan Covid-19.

“Cuma kadang-kadang kita terjebak opini kalau kita itu jelek banget. Ini yang saya sedih, bahkan banyak media asing mendiskreditkan,” kata Erick dalam diskusi virtual, Jumat (29/5/2020).

ads

Erick menuturkan, kondisi di Indonesia tak lebih buruk ketimbang negara lainnya yang juga terpapar Covid-19 seperti Amerika Serikat dan Italia.

Namun demikian, dia juga mengakui ada beberapa negara yang dalam penanganan Covid-19 jauh lebih baik dibandingkan Indonesia.

“Mungkin ada negara yang lebih bagus dari kita, misalnya Korea, tapi populasi penduduknya berapa dibanding kita. Kita ini bandingannya China dan AS itu, apalagi kita ini negara kepulauan,”  ujarnya.

Erick menilai, kondisi penanganan Covid-19 di dalam negeri sudah cukup baik. Hal itu terbukti dari tidak adanya antrean pasien di rumah sakit di Indonesia.

Selain itu, kata Erick, di tengah situasi yang sulit ini pemerintah juga mampu mengendalikan laju inflasi.

Dia menambahkan, menurutnya, ada pihak-pihak yang tidak menyukai Indonesia, sehingga mendiskreditkan soal penanganan Covid-19 yang dilakukan oleh pemerintah.

“Nah ini kita kadang-kadang terjebak opini-opini pihak-pihak yang tidak suka dengan Indonesia,” kata Erick.

“Apakah tadi media luar, pihak-pihak yang ini. Tapi ini era demokrasi, kita enggak boleh juga anti kritik, tapi ayo dong, masa yang sudah kita lakukan dibilang jelek” imbuhnya.

Atas dasar itulah, Erick meminta kepada masyarakat agar tak terjebak dalam opini buruk terutama yang berasal dari luar negeri.

Sampai saat ini, kata dia, pemerintah telah berusaha semaksimal mungkin dalam penanganan pandemi Covid-19.

“Jangan kita terjebak opini-opini dari luar negeri, apa kita sempurna, enggak, pasti ada kekurangannya. Tapi apa yang sudah dilakukan ini sudah baik,” kata Erick.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!