- iklan atas berita -

Metro Times (Surabaya) – Guna menambah pengetahuan, keterampilan dan kreatifitas, sebanyak 5 anggota Pengurus Gabungan Jalasenastri Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) yang dipimpin langsung Ketua PG Jalasenastri Kodiklatal Ny. Anti Dedy Yulianto menggelar Pelatihan Ecoprint yang dilaksanakan di Gedung Moeljadi kesatrian Bumimoro Kodiklatal Surabaya.

Ketua PG Jalasenastri Kodiklatal Ny. Anti Dedy Yulianto disela sela pelaksanaan Pelatihan Ecoprint mengatakan bahwa kegiatan pelatihan tersebut merupakan salah satu program PG Jalasenastri Kodiklatal untuk menambah pengetahuan dan keterampilan bagi istri prajurit yang berdinas di Kodiklatal.

Menurutnya, hiasan rumah atau fashion yang unik tidak selalu dibeli dengan harga yang mahal, namun bisa memanfaatkan benda-benda di sekitar rumah untuk menciptakan kreasi yang unik dan menarik. Salah satunya dengan menggunakan ecoprint yang memanfaatkan dedaunan atau bunga yang tumbuh di pekarangan sebagai bahan dasar pengganti cairan kimia.

Adapun pewarnaan dengan menggunakan unsur-unsur alami ini tidak akan mengakibatkan kerusakan bumi. Teknik alami ini membutuhkan waktu yang lama, tapi disinilah letak keindahannya. Proses pewarnaan alami membuat kita belajar untuk menghargai alam yang telah memberikan kehidupan.

ads

Ecoprint merupakan teknik cetak yang menggunakan pewarna alami. Teknik sederhana yang tidak melibatkan mesin atau cairan kimia. Teknik ini diaplikasilan pada bahan berserat alami seperti kain kanvas atau katun yang mampu menyerap warna dengan baik.

Pencetakan yang ramah lingkungan ini dilakukan dengan menyerap pigmen dari tumbuhan untuk membuat warna yang menarik. Pewarnaan ini dilakukan dengan menimbulkan warna tertentu pada serat selulosa (kapas, linen) atau protein (sutra, wol) tanpa mewarnai benang secara merata.(nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!